Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Perselisihan Jenderal Nasution dan Hartini, Istri Kedua Soekarno yang Berbuntut Penyesalan

2 Mei 2021   06:00 Diperbarui: 2 Mei 2021   06:14 2584 47 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perselisihan Jenderal Nasution dan Hartini, Istri Kedua Soekarno yang Berbuntut Penyesalan
Perselisihan Jenderal Nasution dan Ibu Hartini, Istri Kedua Soekarno yang Berbuntut Penyesalan (iqra.id)

Angkatan Darat RI pernah diterpa isu tidak menyenangkan. Para Jenderalnya menjalani gaya hidup hedon dan berpoligami di era Soekarno.

Baca juga: Kisah Poligami Jenderal, Libatkan Ahmad Yani Isukan Sarwo Edhi

Namun, tidak semua juga berperilaku demikian. Adalah Jenderal Abdul Harris Nasution yang memiliki prinsip yang sangat kuat. Baginya, berpoligami adalah haram.

Nasution bahkan pernah mengeluarkan aturan pada saat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad). Terkait bawahannya yang sudah terlanjur, pilihannya hanya dua:

Melepaskan istri kedua dan naik pangkat, atau meninggalkan korps AD.

Letkol Dahyar yang sering gonta-ganti istri pun menjadi korbannya. Dicopot dari jabatannya di Divisi Siliwangi.

Tidak banyak yang menyukai sikap Nasution yang terkesan puritan ini. Salah satunya adalah Soekarno sendiri. Catur politik pun dimainkan. Nasution diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Bersenjata (Kasab), sementara posisi Kasad diberikan kepada Ahmad Yani.

Secara promosi, jabatan Nasution memang lebih tinggi, tapi secara kewenangan, ia dikebiri. Posisi Kasab hanya mengurus administrasi saja.

Menurut catatan Soe Hok Gie yang tertuang dalam buku Catatan Seorang Demonstran (1983), Ahmad Yani bukanlah tipikal jenderal mata keranjang. Namun, sejak menjabat sebagai Panglima TNI, Yani tergoda.

Ia dikabarkan berpacaran dengan seorang anak SMA dan menikahinya. Sewaktu Yani gugur, janda istri keduanya dinikahi oleh Brigjen Herman Sudiro

Baca juga: Herman Sudiro, Jenderal Promotor Tinju dan Bintang Film

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN