Mohon tunggu...
trunkaz
trunkaz Mohon Tunggu... Freelancer - wordsmith Freelancer sustainable tourism

Saya adalah individu yang ingin tahu dan bersemangat yang selalu ingin belajar dan berbagi pengetahuan saya dengan orang lain. Saya adalah pendukung kuat kekuatan pendidikan dan saya selalu mencari cara baru untuk berbagi pengetahuan saya dengan dunia. Saya adalah penulis dan komunikator yang berbakat dengan bakat untuk menjelaskan konsep kompleks dengan cara yang jelas dan ringkas. Saya juga pembicara publik yang berbakat yang mampu memikat dan melibatkan audiens dari segala ukuran. Saya bersemangat tentang berbagai topik, termasuk sejarah, sains, teknologi, dan masalah terkini. Saya selalu siap untuk debat yang bagus dan saya suka belajar hal-hal baru. Saya seorang pekerja keras dan selalu bersedia untuk melangkah lebih jauh. Saya juga pemain tim dan saya selalu bersedia membantu orang lain. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada tim atau organisasi mana pun. Saya adalah individu yang termotivasi dan berorientasi pada hasil yang selalu mencari tantangan baru. Saya bersemangat tentang masa depan dan saya ingin melihat apa yang akan terjadi. Saya yakin bahwa saya dapat mencapai hal-hal besar dan saya berkomitmen untuk membuat dampak positif pada dunia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Candi Borobudur: Monumen Buddha Terbesar di Dunia Situs Kearifan Lokal Bangsa Indonesia

21 Oktober 2023   13:38 Diperbarui: 21 Oktober 2023   13:45 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

candi Borobudur: Monumen Buddha Terbesar di Dunia Situs Kearifan Lokal Bangsa Indonesia

Borobudur adalah sebuah monumen Buddha yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Monumen ini dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh wangsa Syailendra, yang menganut agama Buddha Mahayana. Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Borobudur memiliki bentuk piramida bertingkat yang mencerminkan konsep mandala, yaitu gambaran alam semesta dalam ajaran Buddha. Monumen ini terdiri dari enam teras bujur sangkar dan tiga pelataran melingkar, yang dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha. Relief-relief ini menggambarkan berbagai ajaran dan kisah Buddha, seperti Lalitawistara, Jataka, Awadana, Gandhawyuha, dan Karmawibhangga. Arca-arca Buddha memiliki enam sikap tangan yang berbeda, yang melambangkan berbagai makna dalam ajaran Buddha.

Di puncak Borobudur terdapat stupa utama yang dikelilingi oleh 72 stupa berlubang yang berisi arca Buddha. Stupa utama ini melambangkan alam Nirwana, yaitu alam tertinggi dan paling murni dalam ajaran Buddha. Stupa-stupa ini juga memiliki bentuk geometris yang simbolis, seperti lingkaran, segitiga, dan persegi.

Borobudur merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 19911. Monumen ini juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang populer di Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan umat Buddha dari berbagai negara datang ke Borobudur untuk merayakan hari Waisak, yaitu hari kelahiran, pencerahan, dan parinirwana Buddha.

Borobudur adalah bukti dari kejayaan dan kearifan budaya Indonesia di masa lalu. Monumen ini juga menunjukkan nilai-nilai universal yang diajarkan oleh Buddha, seperti kedamaian, kasih sayang, dan kebijaksanaan. Borobudur adalah warisan dunia yang harus kita lestarikan dan banggakan.Bob Borobudur

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun