Mohon tunggu...
KKN UMPandanrejo
KKN UMPandanrejo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kuliah Kerja Nyata Reguler Desa Pandanrejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Tahun 2021

Pandanrejo semakin jaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Fasilitator dan Penyuluhan Kesehatan Memperingati Hari Lansia: Wujud Konkrit Peran Mahasiswa dalam Bermasyarakat

6 Juli 2021   14:06 Diperbarui: 6 Juli 2021   15:06 154 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fasilitator dan Penyuluhan Kesehatan Memperingati Hari Lansia: Wujud Konkrit Peran Mahasiswa dalam Bermasyarakat
Foto bersama Mahasiswa KKN UM Pandanrejo dengan peserta lomba senam sehat lansia Desa Pandanrejo, Wagir

Kesehatan adalah salah satu hal yang penting dan berharga dalam kehidupan. Terlebih penyebaran Covid-19 yang belum mereda hingga saat ini dan cenderung meningkat.

Sehingga diperlukan aksi nyata dalam rangka mencegah penyebarannya. Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang 2021 di Desa Pandanrejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang melaksanakan Penyuluhan Kesehatan Lansia dan sebagai Fasilitator Pembuatan Piagam Penghargaan pada acara Lomba Senam Sehat Lansia dalam rangka memperingati Hari Lansia.

Rangkaian program kerja ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Senam Sehat Lansia pada Minggu, 27 Juni 2021 dan Penyuluhan Kesehatan Lansia pada Rabu, 30 Juni 2021.

Mahasiswa KKN UM 2021 Desa Pandanrejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang sebagai Fasilitator acara Senam Sehat Lansia, yaitu dalam pembuatan piagam penghargaan.

Hal ini dimulai dari mendesain piagam, penginputan seluruh nama peserta, hingga pencetakan dan penyerahan kepada Ibu Sumarni, S.Pd., sebagai Ibu Kepala Desa. Lomba Senam Sehat Lansia ini diikuti sebanyak 145 peserta ibu-ibu lansia yang terbagi dalam beberapa kelompok ditambah lagi 60 piagam pemenang lomba.

"Dalam pembuatan piagam penghargaan, kami hanya membutuhkan waktu 1 hari, meskipun penginputan nama terbilang cukup banyak dengan total 195 piagam" ujar Syihabul Anwar Aziz selaku penanggung jawab program kerja. Hal tersebut karena menggunakan bantuan software CorelDRAW dan Microsoft Excel.

Rangkaian acara berikutnya yaitu Penyuluhan Kesehatan Lansia kepada Kader Posyandu Lansia dan Balita Desa Pandanrejo (30/06/21). Penyuluhan ini mengundang pembicara Ibu Ekti Wulandari, S.Kep., Ns., selaku Penanggung Jawab Desa Pandanrejo Puskesmas Wagir dan diikuti 25 orang yang terdiri dari Ibu Kepala Desa, Ketua Kader Posyandu, dan anggota posyandu. Materi pada penyuluhan kesehatan ini adalah Covid-19, sehingga relevan dengan kondisi meningkatnya penyebaran Covid-19 saat ini.

"Harapan kami yaitu pengetahuan mengenai bahaya Covid-19 dan cara menanggulangi penyebarannya dapat dipahami secara meluas oleh masyarakat. Sehingga dapat mencegahnya," ujar Dela Diana sebagai penanggung jawab kedua pada program kerja ini.

Suasana Penyuluhan Kesehatan
Suasana Penyuluhan Kesehatan

Upaya pemberlakuan protokol kesehatan dalam acara penyuluhan kesehatan
Upaya pemberlakuan protokol kesehatan dalam acara penyuluhan kesehatan
Seluruh rangkaian acara pada program kerja ini dapat berjalan dengan lancar dan mematuhi protokol kesehatan covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN