Mohon tunggu...
KKN Desa Wonoayu 2021
KKN Desa Wonoayu 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Universitas Negeri Malang di Desa Wonoayu

Berisi berita mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Semester Antara 2020/2021 di Desa Wonoayu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemeliharaan Sport Center Desa Wonoyau

24 Juli 2021   23:11 Diperbarui: 24 Juli 2021   23:20 33 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemeliharaan Sport Center Desa Wonoyau
Foto: Dokumentasi Pribadi

Desa Wonoayu mempunyai ikon desa atau sesuatu hal yang dapat menjadi potensi desa Wonoayu yaitu sport center yang berisi lapangan sepak bola dan lapangan voli yang mulai dibangun pada tahun 2017 dan diresmikan pada tahun 2018. Lapangan sepak bola desa Wonoayu sudah memenuhi standart nasional. Lapangan sepak bola yang terbentang luas di Desa Wonoayu merupakan salah satu dari lapangan desa terbaik di Indonesia. Di sisi timur Lapangan sepak bola Wonoayu terdapat green house tempat tanaman-tanaman hijau rindang. Namun, disepanjang jalan menuju green house terasa panas dan kurang sejuk karena tidak tersedia atap unutk peneduh. Selain itu, diantara green house dengan lapangan juga  terdapat lahan luas kosong yang kering, gersang dan belum  dikelola.

Oleh karena itu, muncul ide-ide dari Tim KKN UM Desa Wonoayu 2021 untuk membangun anjang-anjang yang ditanami tumbuhan menjalar di sepanjang jalan menuju green house dengan tujuan agar suasana di green house menjadi semakin sejuk dan tidak terpapar panas. Untuk mengisi lahan yang kosong diantara green house dan lapangan, Tim KKN berupaya untuk membangun spot foto serta taman yang rindang guna untuk meningkatkan daya tarik pengunjung serta menjadikan Desa Wonoayu menjadi desa wisata.

Selain itu, kurangnya fasilitas tempat sampah dan juga kurangnya himbauan mengenai membuang sampah pada tempatnya yang menjadikan lapangan ini kurang menarik sehingga dapat merusak keindahan dari lapangan sepak bola atau sport center tersebut. Juga, kurangnya promosi dari perangkat desa guna mempromosikan lapangan (sport center) tersebut sehingga hanya sedikit dari masyarakat khususnya masyarakat dari Kabupaten Malang yang mengetahui mengenai lapangan sepak bola (sport center) yang berada di Desa Wonoayu sehingga munculah ide dari para mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2020/2021 yang bertempat di Desa Wonoayu. Kemudian, karena sport center hanya berisikan lapangan sepak bola dan lapangan voli sehigga hal tersebut yang menjadikan sport center ini kurang menarik perhatian pengunjung baik itu masyarakat sekitar maupun masyarakat luas.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Ide-ide tersebut yaitu memperbanyak fasilitas-fasilitas seperti tempat sampah, memasang banner tentang himbauan untuk membuang sampah pada tempanya, pembuatan anjang-anjang yang ditanami tumbuhan menjalar, pembuatan taman serta spot foto. Diharapkan, setelah kegiatan-kegiatan yang dilakukan Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2020/2021 yang bertempat di Desa Wonoayu ini dapat menambah keindahan serta menarik perhatian pengunjung khususnya masyarakat daerah Kabupaten Malang terlebih lagi jika dapat menarik perhatian pengunjung yang berasal dari luar Kabupaten Malang.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN