Mohon tunggu...
KKN Desa Kenep
KKN Desa Kenep Mohon Tunggu... Lainnya - KKN Pulang Kampung UM

Platform yang berisi seputar berita kegiatan selama KKN di Desa Kenep. #KKNPulangKampungPasuruan #KKNUM2021 #berita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi Vaksin Covid-19 oleh Mahasiswa KKN Pulang Kampung

17 Juli 2021   18:12 Diperbarui: 17 Juli 2021   19:23 250 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosialisasi Vaksin Covid-19 oleh Mahasiswa KKN Pulang Kampung
Sosialisasi vaksin ke warga Dusun Kenep Utara. Dokpri

Pasuruan, (03/07/2021). Pada era pandemi Covid-19 ini, Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mencegah Covid-19 yang masih terus berlangsung. Tim KKN Pulkam Pasuruan Universitas Negeri Malang Desa Kenep, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Wilayah 4 mengadakan sebuah program kerja sosialisasi vaksin, yang bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang vaksinasi Covid-19 sehingga kita lebih yakin tentang pentingnya melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Masih banyak masyarakat desa Kenep yang belum melakukan vaksin Covid-19, maka dari itu program kerja sosialisasi vaksin Covid-19 ini diharapkan masyarakat desa tidak takut untuk melakukan vaksin Covid-19 ataupun vaksinasi-vaksinasi lainnya. Berdasarkan pada hasil survey salah satu alasan mengapa masyarakat desa tersebut belum melakukan vaksin yaitu dikarenakan masyarakat takut dengan berita yang beredar di media bahwa banyak efek samping yang ditimbulkan setelah melakukan vaksin.

Karena adanya lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Pasuruan, program kerja yang awalnya akan dilakukan dengan mengumpulkan masa di balai desa Kenep berubah menjadi edukasi melalui pembagian selebaran dengan tema seputar mitos dan fakta vaksin Covid-19. Pelaksanaan kegiatan program sosialisasi vaksin ini tidak hanya dilakukan dengan menyebarkan selebaran saja, melainkan juga membagikan masker kapada masyarakat. Diharapkan setelah dilakukannya sosialisasi vaksin oleh para mahasiswa masyarakat tidak perlu lagi merasa takut dengan mitos seputar efek samping setelah melakukan vaksin karena pada dasarnya dengan melakukan vaksin sesuai anjuran pemerintah dapat memutus penyebaran Covid-19 itu sendiri. Selebaran yang dibagikan dibuat dengan desain semenarik dan seringkas mungkin agar mudah dibaca dan dipahami oleh masyarakat segala usia.

Gambar 1a. Dokpri
Gambar 1a. Dokpri

Gambar 2a. Dokpri
Gambar 2a. Dokpri

Gambar 3a. Dokpri
Gambar 3a. Dokpri

Gambar 1. Tampilan selebaran yang dibagikan dalam sosialisasi vaksin. yang tiap lembarnya berisi tentang: (1a) Pentingnya vaksin dan tujuan melakukan vaksinasi, (1b) Mitos dan vaksinasi Covid-19, (1c) Jenis vaksin yang digunakan di Indonesia serta keamanan dan kehalal-an vaksin.

Penulis: Clara Data Putri Budiarsi dan M. Denny Maulana

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan