Mohon tunggu...
KKN DESA KALIBENDO
KKN DESA KALIBENDO Mohon Tunggu... Lainnya - KKN 452 UNIVERSITAS JEMBER

KKN TEMATIK UMD PERIODE II 2021/2022 KELOMPOK 452 UNIVERSITAS JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Antusiasme Masyarakat Desa Kalibendo Bersama Mahasiswa KKN UNEJ dalam Rangka Meningkatkan Gizi Anak Melalui Kegiatan GEMARIKAN

4 Agustus 2022   07:00 Diperbarui: 4 Agustus 2022   08:25 149 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Foto bersama dalam rangka ikut serta memeriahkan acara GEMARIKAN di SDN 01 Kalibendo

           Lumajang - GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memotivasi masyarakat untuk mengomsumsi ikan secara teratur yang bertujuan untuk membentuk masyarakat Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas. GEMARIKAN merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh pemerintah  untuk meningkatkan status gizi dan pertumbuhan serta meminimalkan status stanting pada anak - anak. 

          Kegiatan GEMARIKAN yang dilakukan langsung oleh pemerintah dengan bekerjasama dengan pihak -- pihak yang bersangkutan yaitu Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) sekaligus Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jawa Timur Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, Ketua PKK Kabupaten Lumajang, Ketua PKK Kecamatan Pasirian, dan Ketua PKK Desa Kalibendo (Jumat 29/07/2022).

          Kegiatan GEMARIKAN kali ini dilaksanakan di Desa Kalibendo yang ditempatkan di halaman SDN Kalibendo 01 Kec. Pasirian Kab. Lumajang, yang dilaksanakan pada hari Jumat (29/07/2022). Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa instansi penting dan acara yang di meriahkan oleh para siswa/siswi SDN 01 Kalibendo.

Gambar 2. Kegiatan sosialisasi GEMARIKAN yang dilakukan oleh Ibu Arumi Bachsin di SDN 01 Kalibendo        
Gambar 2. Kegiatan sosialisasi GEMARIKAN yang dilakukan oleh Ibu Arumi Bachsin di SDN 01 Kalibendo        

          Ibu Arumi Bachsin menyosialisasikan pentingnya kebiasaan makan ikan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Bahkan dapat menjadi upaya penurunan angka stunting di Desa Kalibendo Kec. Pasirian Kab. Lumajang. Kegiatan sosialisasi umumnya para kaum ibu, akan tetapi kali ini diberikan langsung kepada anak-anak usia sekolah yakni kelas 1-6 tingkat sekolah  Dasar (SD).

          Menurut Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak "Dengan GEMARIKAN, melalui sosialisasi tersebut, diharapkan kita bisa mencegah masalah stanting, lebih paham dan  sadar berbagai manfaat saat mengkonsumsi Ikan yakni masalah gizi di Jawa Timur khususnya di Desa Kalibendo Kec. Pasirian Kab. Lumajang". Kegiatan acara sosialisasi ini difokuskan kepada para anak-anak dan mengajak para orangtua untuk menerapkan GEMARIKAN pada anak-anak. GEMARIKAN menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

          Ibu Arumi Bachsin juga meminta kepada para seluruh peserta sosialisasi khususnya anak-anak SDN 01 Kalibendo agar menyampaikan pesan GEMARIKAN kepada anggota keluarganya masing-masing. Diharapkan anak-anak usia SD ini bisa menyampaikan  pesan  kepada orang tuanya demi perbaikan gizi yang lebih baik, demi kemajuan kesehatan masyarakat, dan tingkat kesejahteraan.

          Menurut bapak Asnawi Mangku Alam selaku Kepala Desa Kalibendo (29/07/2022) kegiatan GEMARIKAN yang telah terlaksana dengan baik, dan semoga dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan dapat meningkatkan status gizi dan meminimalkan status angka stanting yang terjadi di Desa Kalibendo.

Penulis: KKN UMD 2022 Kelompok 452 Desa Kalibendo

https://lp2m.unej.ac.id/category/kkn/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan