Mohon tunggu...
S Arifin
S Arifin Mohon Tunggu... Wiraswasta - Santri Blogger Website

kadang suka nonton film action, nonton youtube horror, baca buku, baca kitab kuning

Selanjutnya

Tutup

Home

Perencanaan Bangun Rumah sebagai Faktor Kenyamanan Hunian Rumah

4 September 2022   07:37 Diperbarui: 4 September 2022   07:48 84 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar : pintujh.com

Kenyamanan dalam sebuah rumah ini akan terlihat manakala seorang penghuni rumah tersebut betah dan merasa nyaman ketika di rumah. Ini tentunya menjadi faktor utama orang menyukai rumahnya. 

Dan orang yang berkunjung ke rumahnya juga akan merasakan hal yang sama. Dikarenakan desain interior rumah tersebut bagus dan juga pemilihan tema dan warna rumah yang sesuai dan cocok sehingga orang lain juga bisa menerimanya., Anda bisa menggunakan Jasa Desain Interior yang bisa memberikan arahan lebih jelas kepada anda untuk membangun rumah seperti apa dan pemilihan berbagai konsep seperti apa yang anda  inginkan berdasarkan budget anda.

Beberapa Hal Penting Pembangunan Rumah dan Interior

Hal yang perlu diperhatikan juga harus benar-benar anda perhtikan dalam membangun rumah agar anda bisa membuat suasana rumah anda bisa nyaman dan tenang. Sehingga anda akan lebih betah berada di rumah. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk anda yang ingin memiliki rumah yang nyaman tersebut. Diantarnya  yaitu anda harus memperhatikan rumah yang  :

  • Jarak yang sesuai antara plafon dengan lantai

Jarak antara lantai dan plafon ini berhubungan dengan ketinggian rumah. Ketinggian rumah yang pas akan memberikan hawa sejuk apabila orang yang berada di dalam rumah tersebut. Selain itu dengan pemilihan bahan plafon juga bisa menjadi salah satu penyebab rumah sejuk atau tidaknya.  

Sehingga rumah yang dihuni tersebut bisa membuat nyaman bagi orang yang berada di dalam rumah. Ketinggian ini antara 3.5-4 meter jarak dari plafon dengan lantai.

  • Jumlah yang cukup untuk ventilasinya dan pencahayaan

Kehadiran ventilasi yang ada ini bisa membuat orang yang berada di dalam  rumah menjadi tidak terasa panas. Dan juga pergantian udara oksigen ini bisa terjadi sehingga bisa aman dan nyaman terutama pada kesehatan. Ventilasi yang kurang akan sangat berbahaya pada kesehatan. Hal ini dikarenakan ruangan menjadi lembab. 

Terlebih dengan kehadiran ventilasi yang cukup maka pencahayaan di dalam rumah menjadi tercukupi. Meskipun tanpa menggunakan pencahayaan lampu pada siang hari. Rumah anda cukup untuk masalah pencahayaan . tentunya membuat anda berhemat secara listrik dan mendukung program pemerintah yang menggunakan kebutuhan listrik yang efektif.

  • Terdapat teras atau beranda rumah

Menghadirkan teras rumah ataupun beranda rumah ini tentunya akan membuat rumah menjadi lebih elegan dan bergaya. Selain itu rumah anda tidak langsung terpapar cahaya matahari dan juga hujan. Sehingga beberapa hal lain seperti pintu dan jendela akan lebih awet. 

Sehingga dengan adanya teras atau beranda rumah ini juga bermanfaat bagi keawetan pintu dan jendela. Selain itu dengan adanya teras atau beranda ini. Udara yang masuk dan terpapar matahari tidak lansung masuk ke rumah dan menyebabkan rumah menjadi panas. Sehingga dengan menambahkan teras atau beranda rumah ini anda akan memberikan kesejukan pada rumah anda.

  • Memilih warna rumah yang sesuai

Pemilihan warna rumah tentunya harus sesuai dengan tema yang akan anda gunakan tersebut. Misalnya anda milih tema alam pada rumah anda. Maka warna-warna lembut bisa dgunakan untuk memperlengkap konsep rumah tersebut. Selain itu misalnya anda ingin memiliki konsep rumah yang elegan tentu warna-warna abu-abu atau sejeninya bisa menjadi salah satu pilihannya.

  • Penggunaan Ornamen Alami

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan