Mohon tunggu...
David Abdullah
David Abdullah Mohon Tunggu... Pegiat rebahan

Rebahanlah, sebelum rebahan dilarang.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Desain Istana Negara Burung Garuda Tuai Kritik dari Asosiasi Arsitek hingga Masyarakat

31 Maret 2021   06:36 Diperbarui: 31 Maret 2021   10:11 1982 76 30 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Desain Istana Negara Burung Garuda Tuai Kritik dari Asosiasi Arsitek hingga Masyarakat
Istana negara di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur (rendering_indonesia via kompas.com)

Sesak, macet, banjir, polusi, dan "gelay", menjadi atribut yang menempel erat-erat pada ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jakarta.

Hiruk pikuk aktivitas manusia penghuni ibu kota bahkan sudah mulai terdengar sebelum matahari mulai manampakkan seringainya dari ufuk timur.

Dipenuhi oleh sekitar sepuluh juta warga yang mendiaminya, belum termasuk para pekerja rantau baik dari Jabodetabek dan lintas pulau, tidak terlalu mengherankan jika Jakarta diliputi atmosfer kejenuhan.

Atas dasar itu pemerintah mewacanakan megaproyek prestisius untuk memindah ibu kota. Meskipun telah didengungkan sedari era orde baru, belum ada satu pun wacana yang terlaksana.

Pada situasi normal, mungkin kebijakan tersebut merupakan hal wajar sepanjang dana negara mencukupi dan kepentingan masyarakat yang jauh lebih krusial sudah sepenuhnya terpenuhi.

Ironisnya, saat pandemi masih melanda, misi pembangunan ibu kota baru yang terletak di Penajam Paser Utara, Kaltim, itu akan tetap dimulai tahun ini. Lokasi presisi istana negara yang akan menjadi titik 0 juga telah dikantongi pemerintah.

Visual desain garuda Istana Negara Ibu Kota Baru. | dok. IGTV @suharsomonoarfa via Liputan6.com
Visual desain garuda Istana Negara Ibu Kota Baru. | dok. IGTV @suharsomonoarfa via Liputan6.com
Untuk diketahui, seyembara desain ibu kota telah dimenangkan oleh tim Urban+ pada tahun 2019 lalu, yang mengusung konsep desain "Nagara Rimba Nusa".

Desainnya sendiri terinspirasi dari hutan yang berlokasi di Kalimantan. Sementara visualisasi gedung istana negara didesain dengan nuansa rumah adat Nusantara.

Namun, belum lama ini muncul desain istana negara yang terlihat sama sekali berbeda dengan visualisasi yang pernah dipubilikasikan sebelumnya.

Desain bangunan istana presiden versi terbaru yang sempat viral pada media sosial itu memantik banyak komentar dan kritik dari netizen plus enam dua.

Visual desain garuda Istana Negara Ibu Kota Baru. | Dok. IGTV @suharsomonoarfa via Liputan6.com
Visual desain garuda Istana Negara Ibu Kota Baru. | Dok. IGTV @suharsomonoarfa via Liputan6.com
Ikatan arsitek Indonesia turut menyebut bahwa desain versi terbaru itu tak ramah lingkungan serta gagal mendeskripsikan budaya dan peradaban Nusantara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x