Dalam rutinitas belajar mengajar, sangat dibutuhkan variasi dan inovasi untuk menghindari kepenatan dan kebosanan. Idealnya penyesuaian rutinitas proses belajar mengajar tidak hanya terpaku dalam ruang-ruang kelas yang sering memunculkan rasa penat dan jauh dari suasana santai. Dibutuhkan alternatif untuk menghasilkan kecintaan [keinginan belajar] bagi seluruh anak murid atau mahasiswa/i.Â
Pilihan outdoor  [luar kelas] harus menjadi salah satu pilihan atau teragendakan dalam satu paket  [semesteran] sebuah proses belajar mengajar. Luar kelas diyakini mampu memberi perubahan psikologis anak didik terutama dalam menyerap pengetahuan. Dari sisi relaksasi, luar kelas akan memberi suasana baru dan menyegarkan. Â
Tambah lagi, suasana luar kelas yang bisa beragam memberi banyak hal positif serta membuka cakrawala murid menyerap materi. Â Bagi banyak sekolah atau universitas, ruang kelas masih tetap menjadi tempat favorit proses belajar mengajar namun tidak salah bila mencoba sesekali memilih outdoor untuk merubah suasana rutinitas belajar mengajar mahasiswa/i.Â