Mohon tunggu...
Kayla Elfreda
Kayla Elfreda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

22107030031 UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Work Life Balance, Bagaimana Mewujudkannya?

17 Maret 2023   10:23 Diperbarui: 17 Maret 2023   10:45 856
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Work life balance adalah kemampuan untuk menikmati aspek-aspek kehidupan yaitu pekerjaan, keluarga, hubungan sosial dan diri sendiri. Untuk menciptakan keseimbangan ini peran negara sangat penting demi keharmonisan kehidupan pekerjanya.

Semakin banyak waktu yang pekerja luangkan untuk bekerja, waktu yang tersisa untuk melakukan hal lain akan berkurang, seperti mengurus keluarga, merawat diri atau berekreasi. Jumlah dan kualitas waktu luang penting untuk kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, dan dapat membawa manfaat kesehatan fisik dan mental.

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan bersama keluarga sangat penting, karena karir tanpa hubungan kekeluargaan yang baik merupakan kesia-siaan. Tidak ada manfaatnya jika kita menghasilkan banyak uang, tetapi kita memiliki keluarga yang tidak harmonis. Kita harus ingat bahwa kita berkerja untuk menghidupi dan membangun keluarga, bukan semata-mata untuk mencari penghasilan. Untuk itu, diperlukan work-life balance di dalam kehidupan karir kita.

Saat ini, masih banyak karyawan yang sulit untuk menemukan tips work life balance. Dalam riset Gore Remotely, disebutkan 94% profesional di seluruh dunia menghabiskan lebih dari 50 jam untuk bekerja setiap minggunya. Hal ini cukup berbahaya. Pasalnya, dikutip dari Forbes, kehidupan kerja dan personal yang tidak seimbang dapat memicu stres dan membuat pekerja menjadi cepat kelelahan di tempat kerja.

Di satu sisi, karyawan bisa terlalu sibuk bekerja, sampai mengabaikan kehidupan yang dimiliki di luar kantor. Nah, kira-kira, apa yang harus dilakukan agar kamu bisa mencapai titik work life balance? Berikut 5 tipsnya yang sudah dirangkum untukmu. Yuk, disimak!

1. Tegas pada diri sendiri

Anda harus bersikap tegas terhadap diri sendiri. Saya tuliskan ini pertama sebagai kunci utama sebelum hal yang lain.

2. Tentukan prioritas kerja

Tips berikutnya yang wajib kamu terapkan agar memiliki work life balance yang baik adalah untuk menentukan prioritas. Melansir The Muse, trik ini cukup efektif agar kamu bisa memiliki waktu luang meskipun jadwal kerja menunjukkan banyak deadline. Contohnya seperti ini, cobalah untuk mengerjakan tugas-tugas yang berat lebih awal. Sehabis itu, kamu bisa sedikit santai dan menyelesaikan pekerjaan yang lebih mudah.

3. Atur jam tidur yang teratur dan cukup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun