Mohon tunggu...
Katarina Widhi Arneta Sari
Katarina Widhi Arneta Sari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

sedang belajar dan terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Refleksi Mata Kuliah "Penulisan Naskah Digital"

17 Desember 2020   10:14 Diperbarui: 17 Desember 2020   10:53 61 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Refleksi Mata Kuliah "Penulisan Naskah Digital"
Photo by Sergey Zolkin on Unsplash

Selama mengikuti mata kuliah Penulisan Naskah Digital atau sering disebut PND, saya mendapatkan banyak hal. Terutama dalam hal penulisan naskah, artikel, ataupun berita yang menggunakan media digital sebagai platform-nya. Bagaimana dosen menjelaskan menurut saya sudah cukup baik dan langsung to-the-point terhadap materi. 

Saya yang masih awam dengan dunia penulisan di media digital, perlahan mulai mengerti bagaimana menulis dengan baik, benar, dan tepat sasaran. Penggunaan kompasiana.com juga menurut saya sudah baik, karena dengan kompasiana saya dapat menantang diri sendiri agar tulisan dapat menjadi pilihan ataupun artikel utama. 

Hal ini dapat dilakukan jika memang tulisan yang dibuat memang bagus dan menarik. Selain menulis artikel di kompasiana, dalam mata kuliah PND juga diajarkan mengenai pembuatan email marketing, storyboard, storyline, hingga iklan layanan masyarakat. Hal ini menjadikan saya yang memang tertarik dengan senang hati melakukan tugas yang diberikan. Bahkan mahasiswa diberi kesempatan untuk mencoba mempromosikan Program Pascasarjana UAJY melalui artikel di kompasiana, email marketing, hingga poster iklan.

Selama mengikuti mata kuliah PND, saya telah menghasilkan sebanyak 6 tulisan yang diunggah di kompasiana.com dan 2 desain poster untuk Program Pascasarjana UAJY dan Program S-2Teknik Industri UAJY. Berikut hasilnya :

  1. Menulis Naskah di Era Digital
  2. Perhatikan Prinsip ini Agar Tulisan Makin Baik
  3. Perbedaan Media Digital dan Media Analog
  4. Perhatikan Prinsip W3C Agar Tulisanmu Makin Gaya
  5. 10 Tips Pemanfaatan SEO
  6. Pascasarjana UAJY Siap Menyambut Calon Mahasiswa Baru S-2 dengan 7 Program Studinya!

Selain output berbentuk tulisan atau artikel, mahasiswa juga diajak untuk membuat e-mail marketing dan poster iklan untuk Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN