Mohon tunggu...
Kartika Kariono
Kartika Kariono Mohon Tunggu... Ibu Rumah Tangga

Mengalir mengikuti kata hati dan buah pikiran

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Terungkap, 4 Kesalahan Fatal Pembuatan Bolu, Begini Cara Mengatasinya

23 Mei 2020   14:17 Diperbarui: 23 Mei 2020   14:18 91 6 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terungkap, 4 Kesalahan Fatal Pembuatan Bolu, Begini Cara Mengatasinya
Bolu Coklat (Dok.Pribadi)

Sejak pandemi covid 19 yang memaksa sebagian dari kita stay at home, ini semakin banyak minat untuk belajar mengusai kemampuan masak-memasak, termasuk per-baking-an. Nah, mumpung lebaran sekalian aja kan buat bolu yang tentu bahannya berkualitas juga kebersihannya lebih terjamin.

Banyak cara dilakukan mulai dari lihat resep, menonton video tutorial, termasuk ikut kursus online. Kelihatannya gampang banget ya buat bolu. Kocok, oven, jadi deh. 

Tapi saat eksekusi, ternyata tak seindah yang dibayangkan ferguso. Mulai dari bantat, matang sebagian, di dalam masih mentah eh di pinggiran udah gosong.

Mengenal 3 Jenis Bolu
Ada 3 jenis keik jadul yang saya ketahui, setidaknya itu sih yang dikatakan sama Mbah. Yakni sponge cake  (ini kadang menyebutnya cukup dengan sebutan bolu), butter cake (biasanya disebut keik saja) dan chiffon (yang ini kami sebutnya sifon, konsisten dengan kata aslinya). Pembedaan ini pada tekstur kue efek proses pengocokan telur dan lemak yang dipergunakan.

Sponge dengan tekstur lembut, halus mewajibkan menggunakan emulsifier. Sponge cake menggunakan butter/mentega atau  margarine yang dicairkan. Prosesnya telur dikocok bersama gula ditambah emulsifier dikocok sampai kaku selama 7-15 menit. Lalu tambahkan terigu,diberi susu (krimer) kental manis, ditambah butter ataupun margarin cair. yang dituang sedikit demi sedikit. lalu panggang hingga matang.

Butter Cake, teksturnya lebih padat dari spoge. Prosesnya mengocok butter sampai lembut selama 7 menit, tambahkan telur kocok lagi lalu tambahkan terigu dan susu,lalu panggang hingga matang.

Chiffon cake, teksturnya sangat ringan dan cenderung pluffy. Caranya pisahkan dulu putih telur dan kuning telurnya. Kocok putih telur dan gula sampai kaku sekitar 10 menit, masukkan kuning telur kocok lagi selama 1 menit, masukkan terigu, susu dan terakhir minyak sayur (bisa diganti minyak goreng).

Tips menghindari Bolu Gagal

Sedih kan kalo bantat gini (Dok. Pribadi)
Sedih kan kalo bantat gini (Dok. Pribadi)
Saya tidak terpaku pada kepakeman penyebutan bolu variannya apa. Karena saya sudah modifikasi yang paling sesuai dengan selera saya. Karena saya suka yang lembut, ya lebih prefer pada chiffon cake

Resep  andalan sayagak ribet banget kok asal ikutin langkah-langkahnya dan perhatikan hal-hal sepele tetapi fatal, sangat berisiko pada kegagalan bolu. 

Sebaiknya gak lompat-lompat bacanya kalo minat. Kalo gak minat ya emang gak bakal sampe paragraf ini ya bacanya. He..he... Saya juga bukan ahli per-baking-an, tetapi berbagi pengalaman karena banyak banget kegagalan pembuatan bolu yang saya lakukan. Lumayan buat dicoba oleh newbie.

1. Persiapan bahan
Penting banget preparing bahan kue ini. Jangan malu untuk selalu membuka resep saat membuat kue. Keahlianmu membuat bolu ini sedang tidak diuji di masterchef toh?. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x