Karmila Bachrun
Karmila Bachrun karyawan swasta

Karyawan pada salah satu perusahaan perbankan

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Kurio, Bikin Hidup Makin Up To Date

12 September 2017   23:00 Diperbarui: 13 September 2017   00:18 675 0 0
Kurio, Bikin Hidup Makin Up To Date
sc

Di jaman yang serba canggih dan makin instant sekarang ini, yang namanya berita atau informasi itu dapat dengan mudahnya tersebar luas. Bahkan dalam hitungan detik sekalipun jutaan orang dapat membaca isi artikel yang sama diberbagai tempat. Berkat kecanggihan dari teknologi informasi, setiap orang dengan mudahnya dapat mengetahui berita yang terjadi di sekelilingnya ataupun di tempat-tempat lain yang belum pernah dia kunjungi. Melalui jaringan internet, semua informasi itu bertransformasi menjadi seperti udara, dapat ditemukan dimana saja dan kapanpun. Anywhere, anytime.

Seiring dengan makin majunya peradaban, boleh dibilang kemajuan teknologi informasi di Indonesia beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan sangat pesat seiring bermunculannya hasil-hasil teknologi informasi yang makin inovatif dan kreatif. Boleh dibilang saat ini sarjana-sarjana IT sedang naik daun. Betapa tidak, semua perusahaan besar ataupun sebagian besar perusahaan kecil dan menengah sedang berlomba-lomba untuk menghire orang-orang yang berkompeten di bidang IT dengan tawaran benefit yang sangat menggiurkan agar mereka mau mengaplikasikan ilmunya untuk kemajuan teknologi informasi dari perusahaan tersebut.

Di kantor tempat saya bekerja, yang mana saya sebagai seorang recruiter, dalam merekrut kandidat IT yang pengalamannya dibawah dua tahun saja, ketika mereka join benefitnya itu pada umumnya disetarakan dengan karyawan yang sudah bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan ini. Bagaimana halnya coba dengan orang-orang yang sudah makan asam garamnya IT?. Begitu pentingnya perkembangan teknologi informasi sehingga semua perusahaan sangat menganakemaskan staffnya yang berada bawah naungan department IT.

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa perkembangan jaman menuntut pola atau gaya hidup masyarakat dewasa ini dilakukan dengan serba cepat dan instant. Ketika kita tidak siap untuk berjalan beriringan dengan perkembangan jaman itu, maka kita akan tertinggal jauh dibelakang. Jangan kita mengira bahwa teori tentang seleksi alam itu hanya berlaku di masa Darwin saja, hingga detik ini pun teori itu masih berlaku.

Tuntutan hidup inilah yang kemudian mendorong munculnya berbagai macam aplikasi teknologi informasi yang dapat membantu mempermudah hidup khalayak ramai di tengah-tengah padatnya aktifitas sehari-hari. Melalui aplikasi-aplikasi yang sudah terdownload di smart phone rasa-rasanya seluruh isi berita di planet bumi, itu ada di ujung jari kita.

Saat ini begitu banyak aplikasi teknologi informasi yang bisa kita download di smart phone yang dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan pengetahuan kita melalui berita atau informasi yang up to date diberbagai tempat. Dengan adanya aplikasi berita tersebut, kita tidak perlu kuatir kekurangan informasi jika tidak sempat menonton berita di televisi karena kesibukan sehari-hari atau harus mengoleksi berbagai macam buku dan koran. Melalui aplikasi yang diciptakan tersebut, kita tidak akan ketinggalan berita mengenai kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi disekeliling kita.

Indonesia sebagai negara berkembang juga tidak mau ketinggalan dari negara lain dalam menciptakan aplikasi teknologi informasi yang berdaya guna bagi bangsanya. Salah satu aplikasi teknologi informasi yang sudah lahir dari hasil kolaborasi anak negeri yang kini dapat di download di smart phone adalah Kurio. Kurio merupakan aplikasi membaca berita yang merupakan wadah berkumpulnya berbagai macam konten media elektronik (portal berita, blog dll) di dalam satu aplikasi.

Melalui aplikasi Kurio, kita tidak perlu ribet membuka satu persatu situs atau website media online maupun blog online yang jumlahnya ratusan untuk mengetahui informasi berita terupdate. Cukup dengan mendownload aplikasi Kurio ini, maka semua berita dari semua media elektronik bisa didapatkan di aplikasi ini dengan mudah.

Salah satu fasilitas menarik yang disediakan oleh aplikasi Kurio adalah fitur 'Lokasimu'. Fitur ini sangat membantu saya sebagai seorang perantauan yang jauh dari kampung halaman saya di Makassar. Fitur 'Lokasimu' membuat saya dapat memilih untuk ditampilkan semua berita yang sedang terjadi dan yang sedang diberitakan oleh berbagai macam media surat kabar maupun blog online lokal yang ada di Makassar.

Sebelumnya saya sempat dibuat malu dikarenakan faktor kufor, kurang informasi. Baru-baru ini di Makassar diadakan proyek pembangunan jalan underpass simpang lima di depan bandara Sultan Hasanuddin. Teman sekantor saya berdecak kagum: "Wah, Mil, sekarang jalanan depan bandara Makassar sudah gak macet lagi yah karena sudah adanya jalanan underpass simpang lima di depan bandara!" Katanya. Saya dengan lugunya bertanya "Hah? Memang sudah selesai yah pembangunan underpass simpang lima itu?". "Yaelahh Mil, wong Makassar kok bertanya ke kita, piye toh Mil?" Candanya yang membuat saya tertawa sambil malu diwaktu bersamaan. Dengan adanya fitur 'Lokasimu', ini sangat membantu saya untuk selalu mengupdate berita atau informasi yang sedang hangat-hangatnya terjadi di kota asalku.

Tampilan berita yang simple namun menarik membuat aplikasi ini mudah digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia. Setiap berita yang disajikan juga dilengkapi dengan link atau sumber beritanya dan dengan teknologi machine learning aplikasi ini mampu memfilter berita-berita hoax sehingga berita atau informasi yang ditampilkannya pun adalah berita yang berbobot. Dan juga yang membuat saya betah berlama-lama membaca berita di aplikasi ini, penglihatan saya tidak terganggu oleh iklan yang menutupi sebagian halaman berita yang kadangkala menyurutkan niat saya untuk membaca.

Namun, dibalik kecanggihan aplikasi ini, tentu hal wajar jika masih terdapat kekurangannya. Kadangkala berita yang disajikan itu double atau informasi yang sama diberitakan berulang kali. Kadang juga informasi yang ingin kita baca tidak bisa diakses padahal signal internet atau wifi-nya full.  Kedepannya tentu kita berharap agar aplikasi ini bisa lebih inovatif lagi dan berita yang ditampilkan tentu saja semakin berbobot sehingga secara tidak langsung mampu merangsang minat membaca setiap orang yang sudah mulai bertumbuh di era digital ini. Dan diharapkan juga setelah ini akan bermunculan kurio-kurio yang lain yang merupakan aplikasi-aplikasi buatan dalam negeri yang mampu mewarnai dunia teknologi informasi. Maju terus generasi muda Indonesia.