Mohon tunggu...
Kareen 934
Kareen 934 Mohon Tunggu... Freelancer - author

Kuli Tinta

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pengalaman dan Pengobatan Pasca Operasi Usus Buntu

13 Mei 2019   13:35 Diperbarui: 13 Mei 2019   13:53 2497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saya menjalani operasi operasi radang usus buntu sudah 2 kali, jadi silang 4 minggu pasca operasi yang pertama kemudian di lanjut merasa sakit lagi yang berakhir harus operasi ulang. Untuk pengalaman operasi usus buntu yang pertama tidak usah di ceritain secara detail ya, kali ini akan menceritakan pengalaman operasi dan pasca operasi untuk yang ke 2 kali. Hampir sama sih dengan pengalaman yang pertama, nanti yang membedakan hanya ada pasca operasi radang usus buntu ini. Mari kita bercerita bersama-sama....

Kenapa bisa di katakan 2 kali operasi?

Jadi selama 4 minggu pasca operasi radang usus buntu, saya kembali mengalami sakit pada bagian perut. Dan pada saat saya kembali memeriksakan diri ke rumah sakit sebelumnya, saya di haruskan untuk kembali menjalani operasi ulang. Terkejutlah saya, kenapa juga harus dilakukan operasi ulang? Apakah terdapat masalah pada operasi yang sebelumnya?. Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan rontgen, ternyata terdapat masalah infeksi pasca operasi radang usus buntu yang di karenakan adanya bagian usus buntu yang tidak ikut terpotong saat operasi yang pertama. Hal ini yang menyebabkan infeksi kembali.

Saya kira saat kembali merasakan sakit bukan karena infeksi atau hal lain yang berhubungan dengan usus buntu ini, soalnya yang saya rasakan aman-aman saja jika terlihat dari kondisi luka sayatan di luar. Tetapi justru malah di bagian dalam yang terkena infeksi, akibat sisa usus buntu yang belum terpotong semua.

Kasus operasi usus buntu 2 kali

Pernah mendengar juga terkait kasus operasi usus buntu untuk yang ke 2 kali. Memang sih benar operasi radang usus buntu ada yang mencapai 2 kali. Tetapi bukan berarti memiliki 2 usus buntu ya. Melainkan karena pada saat operasi radang usus buntu yang pertama mengalami kendala, seperti saat pemotongan usus buntu yang tidak sempurna ( alias masih terdapat sisa bagian usus buntu yang tidak terpotong). Jadi masih terdapat sisa potongan usus buntu yang tersambung di organ usus lainnya. Sehingga dapat menjadikan infeksi kembali pada sisa usus buntu tersebut, maka dari itulah saya di haruskan untuk menjalani operasi radang usus buntu yang ke 2. 

Selain itu dari permasalahan sisa pemotongan usus buntu yang belum secara keseluruhan, terdapat juga permasalahan saya pada saat perawatan luka pasca operasi radang usus buntu. Jadi tuh ceritanya, setelah saya telah di perbolehkan untuk pulang dari rumah sakit, di saat inilah saya harus bisa merawat diri sendiri (perawatan dirumah) tanpa adanya bantuan dari pihak medis terkecuali untuk kontrol kembali. Kesalahan saya saat perawatan luka pasca operasi memang sangat fatal juga, karena untuk melakukan perawatan luka pasca operasi saya lebih cenderung malas dan juga dari asupan makanan serta minuman pun saya sembarangan serta  kurangnya mempertimbangkan dalam kegiatan harian yang dilakukan. Hal tersebutlah yang juga akan sangat berdampak buruk pada hasil luka pasca operasi radang usus buntu ini. 

Yapss,, seperti itulah yang saya alamin. Termasuk pengalaman yang lumayan mengerikan sih bagi saya. Jadi untuk temen-temen apabila kalian telah menjalani operasi, entah itu operasi radang usus buntu atau operasi bedah lannya. Alangkah baiknya untuk melakukan perawatan pasca operasi sebaik-baiknya, hal ini akan mempengaruhi cepat atau lambatnya pada pemulihan luka tersebut. Dan juga jangan lupa untuk selalu perhatikan asupan nutrisi dari makanan dan juga minuman yang temen-temen konsumsi, selain itu juga batasi kegiatan harian yang membuat temen-temen mudah lelah atau juga kegiatan yang memicu kondisi luka menjadi lebih buruk.

Gejala awal sebelum operasi radang usus buntu ke dua kali

Untuk gejala hampir sama seperti saat pertama terkena usus buntu sebelumnya. Yang membedakan adalah nyeri kali ini lebih parah lagi sakitnya. Dan juga tidak merasakan mual dan muntah seperti pada umumnya terkena gejala usus buntu.

Awalnya malahan saya gak kepikiran terkena radang usus buntu kembali. Tapi malahan saat kembali periksa ke rumah sakit, harus operasi radang usus buntu ulang.  Karena usus buntu yang dulu di potong masih meninggalkan sisa dan juga kerana adanya infeksi pada bekas operasi di dalamnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun