Mohon tunggu...
Marcomm D 2012 Telkom University
Marcomm D 2012 Telkom University Mohon Tunggu... -

Belajar memahami fenomena yang ada dari sudut pandang Ilmu Komunikasi. Mahasiswa tingkat akhir Marketing Communication di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University, Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kombinasi Televisi dan Media Sosial melalui Talkshow sebagai Media Promosi Masa Kini

7 Desember 2015   18:51 Diperbarui: 7 Desember 2015   18:55 477
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Televisi yang hingga kini merupakan media dengan kemampuan jangkauan paling luas dan menjadi media promosi paling efektif kini terus berkembang. Inovasi terus dilakukan oleh pihak televisi dengan berbagai programnya untuk meraih perhatian pemirsa di seluruh jagat nusantara. Tidak dapat dipungkiri memang banyak konsumen yang digaet oleh perusahaan melalui salah satu media iklan above the line ini.

Talk Show atau acara bincang-bincang dengan berbagai tamu adalah salah satu acara unggulan berbagai stasiun televisi di Indonesia, dari artis, pejabat, netizen dan orang orang yang berpengaruh dikehidupan sosial diundang dalam acara bincang-bincang ini. Dengan berbagai kemajuan teknologi informasi Talk Show, tidak hanya sekedar berbincang dengan bintang tamu secara langsung, tak jarang acara ini juga menghadirkan perbincangan secara virtual.

Selain menghadirkan berbagai bintang tamu secara virtual, kemajuan dari teknologi informasi ini juga dimanfaatkan untuk melakukan berbagai interaksi langsung dengan pemirsa sehingga lebih menghidupkan acara. Interaksi dengan pemirsa ini salah satunya adalah quiz atau program dengan pertanyaan kepada pemirsa hingga nantinya berhadiah dengan interaksi menarik dari mercahndise hingga uang tunai. Selain menghidupkan acara tentu interkasi dengan pemirsa merupakan hal yang dilakukan demi menaikan sebuah ratting acara tersebut.

Melihat antusiasme dan peluang menyampaikan informasi kepada pemirsa ini lah banyak perusahaan memanfaatkan berbagai acara talkshow sebagai media promosi mereka. Salah satunya adalah dengan mengadakan quiz dengan tema berbagai produk dari perusahaan dalam acara talkshow. Kita ambil salah satu contoh acara “Ini Talkshow” sebuah acara bincang-bincang ringan di NET TV yang dipandu oleh dua pembawa acara yang memang sedang naik daun, yaitu Sule dan Andre “Stinky”.

Dalam acara ini setiap hari selalu diadakan sebuah quiz, dimana quiznya akan diadakan dengan cara menginstruksikan pemirsa untuk melakukan posting di media sosial mereka dengan berbagai ketentuan, salah satunya adalah dengan mencantumkan hastag dan menandai ke berbagai akun yang terlibat dalam quiz ini. Hastag sendiri adalah sebuah istilah untuk kata-kata dalam media sosial yang diawali dengan tanda pagar dan biasanya menjadikanya populer di media sosial. Dengan demikian akan dilihat oleh jutaan masayarakat pengguna media sosial, hal ini juga menjadi dorongan tersendiri untuk berbagai perusahaan melalukan promosi melalui media ini.

Penulis sendiri menilai bahwa promosi semacam ini memang menjadi sangat effektif, dimana media televisi yang merupakan media dengan jangkauan terluas dikombinasikan dengan media sosial yang saat ini sedang sangat ngetren diberbagai lapisan masyarakat. Selain karena kombinasi kedua media tersebut, kemapuan promosi ini adalah mampu membangun konsumen untuk mencari tahu lebih dalam tentang produk. Sebagai contoh, untuk produk terbaru dari perusahaan kendaraan bermotor Yamaha.

Yamaha mempromosikan MIO GT yang merupakan produk motor matic mereka melalui quiz di Ini Talk Show dengan konsep quiz yang mengharuskan para pemirsa melakukan posting kata-kata menarik tentang MIO GT di media sosial mereka dengan meyertakan tanda ke akun media sosial Yamaha, Ini Talkshow serta dengan hastag #INITALKSHOW dan #YAMAHAMIOGT, otomatis kedua hastag itu akan menjadi populer dimedia sosial, sehingga banyak masyarakat yang mulai membaca tentang MIO GT.

Lalu ketika seorang pemirsa akan mengikuti quiz dan harus membuat kata-kata menarik dalam postinganya maka secara otomatis pemirsa juga akan mencari tahu tentang apa yang bisa di katakan tentang produk tersebut sebelum diposting.

Dengan berbagai uraian diatas, wajar bila kini semakin banyak produk yang dipromosikan melalui berbagai acara talkshow dengan quiznya yang menarik dan mengkombinasikanya dengan media sosial. Bisa kita bayangkan ketika dua media promosi ini yang ini diandalkan untuk meraih pasar.

Oleh : Agung Tri Yuono, Bandung 2015

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun