Mohon tunggu...
Kanya Anindita
Kanya Anindita Mohon Tunggu... Editor - Content Writer

I write a lot of topics including business, lifestyle & travel

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Manfaat Utama Software CRM untuk Bisnis Online

2 Agustus 2018   09:22 Diperbarui: 2 Agustus 2018   12:09 427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
5 Manfaat Utama Software CRM untuk Bisnis Online (www.shutterstock.com)

CRM adalah teknologi yang dirancang untuk membantu berbagai perusahaan dalam mengelola hubungan serta interaksi dengan pelanggan dan prospek mereka. 

Seiring dengan menjamurnya bisnis online dalam ritel, kini software CRM telah disesuaikan untuk memfasilitasi bisnis e-commerce. Lalu apa saja manfaat yang diberikan oleh perangkat lunak ini untuk bisnis online? Berikut ini saya rangkum beberapa manfaat utamanya.

1. Mengelola Data Prospek & Pelanggan

CRM menyimpan seluruh data prospek dan pelanggan Anda dalam satu lokasi penyimpanan. Karena terhubung dengan e-commerce Anda, maka informasi prospek dapat langsung disimpan secara otomatis dalam sistem. 

CRM dapat menyimpan data prospek seperti alamat email, media sosial, nomor telepon, dan lokasi yang mereka masukkan ketika mereka login. Anda pun bisa melacak prospek yang meninggalkan keranjang belajaannya sehingga Anda bisa memanfaatkan data mereka untuk melakukan remarketing.

2. Menganalisis Pelanggan

Tidak hanya menyimpan data prospek dan pelanggan saja, CRM juga membantu Anda menganalisis kebiasaan belanja mereka, seberapa sering mereka kembali, produk yang mereka sukai, dan lain-lain. 

Dengan begini, Anda akan dapat dengan mudah melakukan promosi yang sesuai dengan preferensi dan karakter dari setiap prospek dan pelanggan Anda. Sistem ini dapat dihubungkan ke seluruh online shop Anda sehingga Anda tidak perlu menggunakan software lain secara terpisah.

3. Menyediakan Data Penjualan Terlengkap

CRM memberikan data penjualan yang akurat, lengkap, dan dihasilkan secara real time. Anda dapat melihat riwayat transaksi Anda semenjak awal, tingkat konversi, value yang dihasilkan dari setiap pelanggan, perbandingan biaya dengan profit, dan masih banyak lagi. 

Melalui laporan sales yang lengkap dan akurat, Anda akan bisa lebih mudah membuat strategi untuk menjalankan campaign penjualan yang tertarget, mengoptimalkan saluran penjualan, dan mengurangi rasio transaksi yang tidak dituntaskan (abandoned cart).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun