CRM adalah teknologi yang dirancang untuk membantu berbagai perusahaan dalam mengelola hubungan serta interaksi dengan pelanggan dan prospek mereka.Â
Seiring dengan menjamurnya bisnis online dalam ritel, kini software CRM telah disesuaikan untuk memfasilitasi bisnis e-commerce. Lalu apa saja manfaat yang diberikan oleh perangkat lunak ini untuk bisnis online? Berikut ini saya rangkum beberapa manfaat utamanya.
1. Mengelola Data Prospek & Pelanggan
CRM menyimpan seluruh data prospek dan pelanggan Anda dalam satu lokasi penyimpanan. Karena terhubung dengan e-commerce Anda, maka informasi prospek dapat langsung disimpan secara otomatis dalam sistem.Â
CRM dapat menyimpan data prospek seperti alamat email, media sosial, nomor telepon, dan lokasi yang mereka masukkan ketika mereka login. Anda pun bisa melacak prospek yang meninggalkan keranjang belajaannya sehingga Anda bisa memanfaatkan data mereka untuk melakukan remarketing.
2. Menganalisis Pelanggan
Tidak hanya menyimpan data prospek dan pelanggan saja, CRM juga membantu Anda menganalisis kebiasaan belanja mereka, seberapa sering mereka kembali, produk yang mereka sukai, dan lain-lain.Â
Dengan begini, Anda akan dapat dengan mudah melakukan promosi yang sesuai dengan preferensi dan karakter dari setiap prospek dan pelanggan Anda. Sistem ini dapat dihubungkan ke seluruh online shop Anda sehingga Anda tidak perlu menggunakan software lain secara terpisah.
3. Menyediakan Data Penjualan Terlengkap
CRM memberikan data penjualan yang akurat, lengkap, dan dihasilkan secara real time. Anda dapat melihat riwayat transaksi Anda semenjak awal, tingkat konversi, value yang dihasilkan dari setiap pelanggan, perbandingan biaya dengan profit, dan masih banyak lagi.Â
Melalui laporan sales yang lengkap dan akurat, Anda akan bisa lebih mudah membuat strategi untuk menjalankan campaign penjualan yang tertarget, mengoptimalkan saluran penjualan, dan mengurangi rasio transaksi yang tidak dituntaskan (abandoned cart).