Mohon tunggu...
Kanya Anindita
Kanya Anindita Mohon Tunggu... Content Writer

I write a lot of topics including business, lifestyle & travel

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

6 Cara Efektif Meningkatkan Customer Experience dalam Bisnis Jasa

28 Juni 2018   12:07 Diperbarui: 29 Juni 2018   10:48 1500 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Cara Efektif Meningkatkan Customer Experience dalam Bisnis Jasa
6 Cara Efektif Meningkatkan Customer Experience dalam Bisnis Jasa (www.qualtrics.com)

Saat ini jumlah dan jenis bisnis jasa semakin bertambah, mulai dari klinik kecantikan, jasa travel, pakar digital marketing hingga analis keuangan. Kesuksesan perusahaan  jasa tergantung pada seberapa baik customer experience yang mereka ciptakan. 

Dalam bisnis jasa, pencapaiannya sebenarnya bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, tetapi mampu melebihi ekspektasi mereka. Lalu, bagaimana cara efektif untuk meningkatkan customer experience dalam bisnis yang berorientasi layanan? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Kenali Pelanggan Anda dengan Baik

Kunci dari hubungan pelanggan yang baik adalah kemampuan untuk melebihi ekspektasi pelanggan. Sebelum Anda memulai bisnis Anda dengan pelanggan, Anda harus benar-benar memahami kebutuhan mereka terlebih dahulu. 

Sediakan sesi konsultasi dengan mereka dan tanyakan berbagai pertanyaan yang diperlukan agar Anda bisa memberikan layanan yang tepat untuk mereka nantinya. Investigasi kebutuhan pelanggan Anda lebih dalam, bahkan sekalipun pelanggan Anda tidak memiliki pertanyaan.

Sebagai contoh, jika Anda menjalankan layanan kecantikan, maka buatlah daftar pertanyaan lengkap mengenai ekspektasi klien Anda atau hasil seperti apa yang mereka harapkan setelah menjalani prosedur di klinik kecantikan Anda. Tanyakan juga apakah klien Anda memiliki alergi terhadap krim tertentu. 

Lebih bagus lagi jika Anda dapat mempelajari pengalaman klien Anda yang sebelumnya, misalnya dengan menanyakan apakah mereka pernah menggunakan jasa yang sama di tempat yang berbeda. Dengan begitu, Anda akan dapat mengetahui apa yang mesti ditingkatkan dalam layanan Anda.

2. Sediakan Kemudahan Akses bagi Pelanggan

Jika Anda memiliki ratusan pelanggan yang membutuhkan jasa Anda setiap harinya, maka telepon bukanlah medium yang tepat untuk menjawab setiap pertanyaan pelanggan Anda, kecuali jika Anda memiliki staf dalam jumlah yang sangat banyak. Dulu saya pernah berobat di suatu klinik yang hanya menangani reservasi via telepon. 

Dalam sehari, klinik tersebut bisa menerima puluhan hingga ratusan pasien. Bayangkan, berapa banyak panggilan dari calon pasien yang tidak terjawab dikarenakan saluran telepon klinik tersebut yang selalu sibuk sepanjang hari?

Demi meningkatkan pengalaman pelanggan, Anda sebaiknya menyediakan beberapa medium untuk mempermudah pelanggan dalam menghubungi Anda. Anda bisa menyediakan fitur live chat di situs web Anda, mengizinkan pelanggan dan prospek Anda untuk menghubungi Anda melalui email dan WhatsApp, dan lain-lain. Ini juga akan memudahkan pekerjaan staf Anda dan membuat mereka menjadi lebih produktif.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN