Mohon tunggu...
Kang Rahmat
Kang Rahmat Mohon Tunggu...

Blogger | Citizen Journalist

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Lagi, Malaysia Langgar Hak Cipta Karya Anak Bangsa

31 Juli 2012   22:28 Diperbarui: 25 Juni 2015   02:23 0 14 28 Mohon Tunggu...
Lagi, Malaysia Langgar Hak Cipta Karya Anak Bangsa
1343770469168834533

Pagi ini ketika sahur, saya dikejutkan dengan status facebook yang terpasang pada Official Facebook ANN (Asosiasi Nasyid Nusantara)  Jateng yang menginformasikan bahwa  lagu yang berjudul Maharku Untukmu karya Alif digunakan sebagai Soundtrack dalam sinetron berjudul yang sama (Maharku Untukmu) oleh TV3 Malaysia tanpa seijin dari pemegang hak cipta dalam hal ini saudara Alief  (Alief Indonesia).

[caption id="attachment_197483" align="aligncenter" width="568" caption="Screenshoot status FB ANN Jateng"][/caption]

Tayangan sinetron Maharku Untukmu yang melanggar hak cipta tersebut dapat disaksikan di youtube :

Kejadian ini sangat disayangkan mengingat bukan kali pertama ini saja Malaysia melanggar hak cipta yang merupakan karya asli Indonesia. Kejadian-kejadian sebelumnya di mana kasus pelanggaran hak cipta berupa klaim karya seni sampai saat ini juga belum menemukan titik terang.

Saya sendiri sangat mengenal penyanyi dan pencipta lagu ini, kebetulan beliau adalah senior saya di Undip yang juga merupakan aktivis dakwah kampus. Beliau sempat tergabung dalam Grup Nasyid Messiu Undip yang pernah menjadi finalis dalam kompetisi Festival Nasyid Indonesia (FNI) di TVRI tahun 2005 sebelum akhirnya memutuskan untuk solo karir. Grup Messiu terdiri atas lima personel yang keseluruhannya berasal dari berbagai fakultas di Undip. Yakni Andri (Teknik), Herman (Psikologi), Alif Ganjar/Alief (Teknik), Wisnu (FISIP), dan Aris (Psikologi). Oleh karena beberapa personil mengundurkan diri akhirnya Grup Nasyid Messiu bubar. Sisanya yang masih aktif membentuk grup Nasyid baru dengan nama Naufal, tepatnya pada tanggal 2 Nopember 2006.

Adapun lirik lagu Maharku Untukmu adalah sebagai berikut :

Inilah maharku untukmu Seperti ini kumampu Sepenuh hati kuberikan Sebagai wujud cintaku Reff Maharku untukmu tulus kuserahkan Kepada dirimu satu yang kupilih Maharku untukmu agung karunia Yang Allah berikan padaku untukmu Terimalah sebaris doa Semoga engkau bahagia Dan kunyanyikan lagu ini Persembahan cinta suci sumber : http://liriknasyid.com

Lagu ini memang jika dibawakan akan membawa pada suasana romantis. Semasa di kampus, hampir di beberapa kesempatan saya menghadiri acara walimatul ursyi selalu mendengar lagu tersebut.

Sekali lagi ini menjadi pembelajaran bagi kita untuk selalu menghargai hak cipta anak bangsa. Kita semua berharap agar kasus ini segera selesai.  Diharapkan sikap tegas dari pemerintah kita untuk memproteksi karya anak bangsa agar tidak mudah diklaim atau dilanggar hak ciptanya lagi di kemudian hari.

Sumber  :

Messiu Semarang Bawakan Nasyid Ciptaannya Sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x