Mohon tunggu...
Ahmad Athoillah
Ahmad Athoillah Mohon Tunggu... -------

--------

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Artikel Utama

Dinas Luar Kota Itu Berat, Cukup Jadi Bebanku Saja

23 Juli 2019   14:11 Diperbarui: 24 Juli 2019   17:55 0 5 4 Mohon Tunggu...
Dinas Luar Kota Itu Berat, Cukup Jadi Bebanku Saja
Sumber ilustrasi: Shutterstock

CIE... yang habis menggelar rapat paripurna di hotel bintang lima dan beritanya viral. Apa kabar?

Yaps, apa yang bakal, akan, dan sudah dikerjakan pejabat kita memang menarik untuk selalu dirasani. Termasuk kegiatan rapat paripurna pengesahan nota kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPAS-P) APBD 2019 yang digelar anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kita bersama Pemkab Tuban, di hotel bintang lima Yogyakarta pada 11-13 Juli lalu. Sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Berbagai pertanyaan pun terus muncul. Dari yang menggemaskan hingga gregetan.

Seorang teman berseloroh:

"Jarang-jarang lho, anggota DPR kita begitu bersemangat membahas KUPA dan PPAS P-APBD secepat ini. Saking 'semangatnya', rapat paripurna dengan agenda penandatanganan dan persetujuan bersama antara bupati dengan pimpinan DPRD itu, pun digelar di luar Tuban. Bisa dibayangkan, mereka rela jauh-jauh ke Yogja demi membahas arah pembangunan di Kabupaten Tuban ke depan."

Saya ulangi lagi. Demi rakyat Tuban. Ini sungguh luar biasa.

Bagaimana tidak luar biasa. Mereka bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD), sekretaris daerah, asisten, staf ahli, dan para pimpinan BUMD di lingkup Pemkab Tuban, itu harus rela dan ikhlas pisah dengan keluarga demi membahas pembangunan di Tuban. Tiga hari. Bukan waktu yang pendek untuk pisah dari anak dan istri.

Belum lagi, bagaimana perasaan mereka saat menikmati fasilitas mewah hotel bintang lima tanpa melibatkan anak-istri. Ditambah pose sendirian di Jalan Malioboro. Berat. Kamu nggak akan kuat. Apalagi yang sedang sayang-sayangnya sama istri. LDR (long distance relationship) itu berat bro.

Sumber ilustrasi: Tempo | IMAM YUNNI
Sumber ilustrasi: Tempo | IMAM YUNNI

Nah kamu, sudah nggak ikut ke Yogja, urun rembuk membahas negara juga tidak, ngrasain bagaimana sedihnya jauh anak-istri juga tidak. Eh, mau ikut-ikutan protes. Apa nggak malu. Sudah lah, kita sebagai rakyat tinggal menerima bersih saja. Tinggal menikmati pembangunan saja kok banyak protes.

Sebagai rakyat, kita harus maklum. Karena sebagian besar wakil rakyat kita yang sekarang masih duduk di kursi DPRD, itu tidak terpilih lagi. Sehingga, anggap saja ini (rapat paripurna di hotel bintang lima, Red) sebagai bulan madu di bulan terakhir menjelang berakhirnya masa tugas DPRD periode 2014-2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2