Mohon tunggu...
MOH  FARHAN
MOH FARHAN Mohon Tunggu... mahasiswa iain jember

mahasiswa iain jember

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa Yang Hampir Tanpa Modal

6 Maret 2020   21:25 Diperbarui: 6 Maret 2020   21:28 45 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peluang Bisnis untuk Mahasiswa Yang Hampir Tanpa Modal
sumber : alona.co.id

Pada zaman dimana informasi dan komunikasi bisa menyebar dengan cepat sekarang ini membuat kita bisa dengan mudah  mencari informasi dan apapun yang kita butuhkan secepat dan semudah mebalikkan telapak tangan.

Disamping itu selain memudahkan menyebarnya informasi dengan cepat dan mudah lewat media social, hal ini juga dapat dimanfaatkan oleh kalangan mahasisa untuk memulai bisnis mereka di media social. Pertanyaannya apakah ada bisnis yang mudah, gk perlu stock barang dan hampir tanpa modal? tenang aja ada kok bisnis yang hampir tanpa modal yakni dropshiping.

Nah apa itu dropshiping? Dropshiping adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stock barang, dan jika penjual tersebut mendapatkan orderan, penjual tersebut meneruskan order dan detail pengiriman barangnya kepada supplier/produsen/distributor. Jadi sebagai penjual seorang dropshipper hanya perlu untuk mempromosikan barang dari supplier ke calon customer dengan harga dari dropshipper sendiri, semisal barang dari supplier harganya 50.000 nah itu kita jual 75.000 selisihnya kan 25.000 itulah keuntungan kita. Sedangkan untuk pengiriman dan packingannya pihak supplier sendiri yang akan mengirimnya langsung ke alamat customer/pembeli. Selain mudah untuk di kerjakan seorang dropshipper juga hampir tanpa modal untuk menjalankannya.

Kenapa di Katakan Hampir Tanpa Modal

Dikatakan hampir tanpa modal karena kita tidak perlu pusing memikirkan stock barang, pengiriman, dan packingan karena semua itu sudah jadi tanggung jawab supplier. Kalaupun memerlukan modal biasanya modal itu dipakai untuk membayar lebih dulu barang yang kita pesankan untuk customer kita supaya cepat dikirim ke alamat customer kita. Jadi semisal barang kita dibeli oleh customer kita harus bayarin dulu barang itu agar cepat dikirim ke alamat pembeli kita.

Apa Saja yang Harus di Miliki Seorang Dropshipper

Yang pertama yang harus kalian miliki untuk memulai sebuah bisnis online tentunya adalah semangat dan pantang menyerah, yang kedua kalian harus memiliki kemauan yang kuat untuk menjalankan bisnisnya tersebut, yang ketiga terapkan mindset untuk berani mencoba dan jangan takut gagal, karena jika kita tidak berani mencoba kita hanya akan terdiam di tempat tanpa bisa melakukan apa-apa.

Bagaimana Cara Memulainya

Untuk memulainya sebenarnya simple kalian hanya perlu untuk mencari supplier yang benar-benar bagus, terpercaya, dan memiliki produk yang bagus dan harganya juga harus sesuai dengan kantong kalian. Kalian bisa mencarinya di marketplace seperti shoppe, tokopedia, dan lazada. Kalian juga mencarinya lewat media sosial seperti instagram dan facebook.

VIDEO PILIHAN