Mohon tunggu...
Junjung Widagdo
Junjung Widagdo Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 METRO, LAMPUNG

Untuk saat ini menulis

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Unfortunately: Kita Makan Plastik!

10 September 2022   22:47 Diperbarui: 24 September 2022   17:44 518 39 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mikroplastik yang mencemari laut. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Penelitian terbaru menyatakan, larva nyamuk yang menelan mikroplastik dapat menyebarkannya ke rantai makanan manusia." Dikutip dari Gita Laras Widyaningrum - Kamis, 20 September 2018 Nationalgeographic.co.id.

Selama ini isu lingkungan paling familiar yang sering kita dengar adalah tentang bahaya global warming, yaitu naiknya suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh perubahan lingkungan akibat dari pencemaran lingkungan.

Global warming disebut-sebut berdampak luas bagi seluruh penduduk bumi di berbagai negeri, tidak hanya berdampak pada lingkungan global, tetapi merata bahkan sampai pada aspek sosial ekonomi masyarakat, bahkan politik dan keamanan.

Potensi bahaya dari global warming ini cukup nyata, sebab pemanasan global ini mengubah iklim dunia secara keseluruhan, mengakibatkan terjadinya bencana alam; banjir, badai sampai gagal panen karena iklim yang berubah, sehingga menyebabkan kelangkaan bahan-bahan tertentu yang dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup manusia.

Langkanya ketersediaan barang bisa memicu harga-harga yang naik, sehingga masyarakat menjadi terbebani dan guncanglah keadaan sosial politik di negara tersebut.

Tapi ada ancaman lain yang yang lebih nyata dari global warming ini, hadir dan melekat pada keseharian dan tidak pernah bisa kita lepaskan, efeknya pun berdampak bagi tubuh kita secara langsung, yaitu pencemaran mikroplastik.

Jika global warming lebih dominan disebabkan oleh para perilaku industri besar, pencemaran dari pabrik-pabrik, pembangkit listrik, pembakaran hutan, alih guna lahan yang tidak berdasarkan studi efek lingkungan, berbeda untuk pencemaran mikroplastik ini, setiap orang di dunia ini berpotensi sebagai sebab pencemaran mikroplastik.

Apa yang dimaksud dengan mikroplastik?

Mikroplastik adalah potongan-potongan plastik dalam bentuk yang sangat kecil dengan ukuran kurang dari 0,5 cm.

Apa bahaya mikroplastik?

Mikroplastik ini berbahaya sebab mikroplastik dapat masuk kedalam rantai makanan, dan jika masuk ke dalam rantai makanan maka bisa dipastikan tubuh kita ini sebenarnya makan plastik!

Mikroplastik bisa masuk ke dalam tubuh kita dengan berbagai cara; konsumsi air yang terpapar mikroplastik, konsumsi makanan yang terpapar mikroplastik, dan yang mengejutkan bisa juga masuk ke dalam tubuh kita melalui gigitan nyamuk.

Ilustrasi Sampah Plastik I Sumber Gambar: www.freepik.com
Ilustrasi Sampah Plastik I Sumber Gambar: www.freepik.com

Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1869 oleh John Wesley Hyatt sampai sekarang, kehidupan manusia selalu lekat dengan plastik, keseharian kita pasti tak luput dari menggunakan plastik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan