Mohon tunggu...
Junjung Widagdo
Junjung Widagdo Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 METRO, LAMPUNG

Untuk saat ini menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kiat-Kiat Self Healing, Pencegahan Korban Konflik dari Aksi Bunuh Diri

8 September 2022   13:50 Diperbarui: 8 September 2022   16:02 227 30 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sebab-sebab apa sehingga seseorang memutuskan untuk mengakhiri kehidupannya? (Kompas.com dari Shutterstock)

"Iya benar, korban seorang dokter dan penyebab kematian karena gantung diri"

Keterangan dari Kasatreskrim Polresta Malang Kota AKP Bayu Febriyanto Prayoga berdasarkan hasil olah TKP. 

Diberitakan melalui regional.kompas.com AR (29) asal kabupaten Gresik yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya ditemukan meninggal dunia di rumah kontrakannya, disebut-sebut korban memang sedang cekcok dengan HA, yang di duga keduanya memiliki hubungan asmara. 

Miris ya, melihat korban adalah seorang mahasiswa kedokteran yang notabene pasti sudah paham dengan berbagai gangguan kesehatan dan bebagai metode tentang penyembuhannya. 

Apa yang menyebabkan AR gantung diri, sebab-sebab apa sehingga seseorang memutuskan untuk mengakhiri kehidupannya?

Pola pikir AR sepertinya berbanding terbalik dengan prinsip disiplin ilmu yang sedang dia tempuh, korban adalah calon dokter, dan kita tahu lah, dokter adalah rujukan ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan. Kenapa ke dokter? karena dokter ini adalah seorang profesional yang mahfum kita percayai bisa "menyembuhkan" gangguan-gangguan kesehatan yang kita alami. 

Faktanya ternyata AR tidak bisa "menyembuhkan diri sendiri", justru dia menjadi korban atas konflik yang sedang di alami.

Apa itu Self Healing?

Sempat populer juga pada media sosial trend kata "healing, tapi berbeda dengan "self healing" . Kata healing di sini biasanya merujuk pada aktivitas tertentu untuk menghilangkan kebosanan, kegundahan atau sekedar melepas penat. Healing menjadi caption dari foto atau video seseorang yang sedang melaksanakan aktivitas, biasanya aktivitas ini berupa traveling, sedang berenang di air terjun, rebahan di pinggir pantai, atau sedang berada di puncak gunung, dengan ditambahi caption "healing". 

Berbeda dengan healing, self healing ini merujuk kepada kemampuan seseorang dalam mengobati luka atau trauma di dalam hati. 

Jika healing merujuk pada aktifitas, self healing ini merujuk pada kemampuan/ manajemen hati. Dua-duanya bisa saja saling berkaitan satu sama lain, di dalam self healing bisa saja jalan keluarnya adalah healing. Tapi tidak mesti juga mengobati hati/ self healing harus dengan jalan-jalan/ healing.

AR adalah sebuah contoh dari nihilnya self healing dalam diri sesorang, pada Desember 2021 ada juga kisah yang serupa dengan AR ini, NWR seorang mahasiswi dari sebuah perguruan tinggi di Malang harus tewas dengan tragis usai menenggak racun serangga di pusara ayahnya, disebut-sebut kehamilan NWR hasil hubungan di luar nikah dengan Bripka Randi adalah salah satu penyebab dari keputusan yang fatal tersebut.

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang luput dari masalah, self healing dan dukungan keluarga akan mengurangi potensi seseorang melakukan upaya bunuh diri ketika menghadapi permasalahan yang berat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan