Mohon tunggu...
Kiki  Novitasari
Kiki Novitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, FEB, Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hidup Berdampingan dengan Covid-19: Pengabdian Masyarakat UMM Peduli Kesehatan, Peduli Obat Herbal!

6 Maret 2021   18:32 Diperbarui: 6 Maret 2021   18:41 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidup Berdampingan dengan Covid-19: Pengabdian Masyarakat UMM Peduli Kesehatan, Peduli Obat Herbal!
Foto : bersama murid TK Mutiara Hati

Satu tahun sudah kita berperang melawan covid, telah banyak upaya yang di lakukan mulai dari kebijakan lockdown, sekolah dirumah atau daring, bandara, setasiun, mall, pasar, tempat rekreasi dan masih banyak lagi fasilitas umum yang terpaksa harus ditutup sementara untuk memutus rantai penularan covid akan tetapi langkah tersebut belum membuahkan hasil, di era covid ini banyak masyarakat yang sakit ringan enggan kedokter karena khawatir di sebut reaktif atau positif covid. Sehingga kita ingin mengajak masyarakat desa leneng mencoba beralih ke obat herbal yang tumbuh disekitar kita dan tentunya lebih aman, karena saat ini kita tidak bisa lepas dari penggunaan obat-obatan kimia padahal kita paham betul bahwa obat-obat kimia tersebut memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh.

Di masa pandemic covid yang terus menghantui masyarakat hingga detik ini, kelompok 16 PMM Baktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang, merangkul masyarakat khususnya masyarakat desa leneng agar terbiasa hidup berdampingan bersama covid dengan mengusung tema " Pemberdayaan Masyarakat dengan Mengedukasi Pentingnya Kesehatan pada Era New Normal di Desa Leneng". Adapun progam kerja unggulannya ialah membuat apotik hidup tanaman obat, agar masyarakat lebih tertarik memanfaatkan tumbuhan disekitar yang memiliki khasiat sebagai obat yang lebih aman dan tidak memiliki efek samping. Dengan memanfaatkan tanaman obat sebagai obat herbal selain lebih aman untuk tubuh juga lebih murah dan lebih ramah lingkungan.

Kegiatan ini akan dilangsungkan di TK Mutiara Hati desa Leneng Praya Lombok Tengah NTB, dengan tujuan mengenalkan sejak dini apa saja tanaman yang bisa dijadikan obat herbal dan manfaatnya kepada anak-anak TK Mutira Hati, agar kegiatan PMM ini tidak hanya berfokus pada masyarakat saja tetapi juga memiliki maanfaat kepada ana-anak TK Mutiara Hari sebagai ilmu maupun pengetahuan baru yang bisa digunakan kedepannya, disini kami akan melibatkan murid TK untuk terjun langsung dalam penanaman tanaman obat serta memberikan pendampingan yang rutin tentang bagaimana tata cara perawatan, penyiraman, pemupukan agar tanaman tumbuh subur dan memberikan pemahaman tentang khasiat tanaman obat yang ditanam.

Foto : bersama murid TK Mutiara Hati
Foto : bersama murid TK Mutiara Hati
Setelah kegiatan PMM ini berakhir diharapkan anak-anak TK Mutiara Hati mampu melanjutkan perawatan tanaman obat mulai dari pembersihan dari rumput liar, penyiraman dan pemupukan supaya tanaman terawat dan tumbuh subur hingga dapat dimafaatkan oleh masyarakat sekitar. Sehingga program kerja yang kami laksanakan dapat memberikan dampak yang baik kepada seluruh masyarakat desa leneng.

 

VIDEO PILIHAN