Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Sistem Informasi dalam Sebuah Perusahaan

29 Maret 2023   16:17 Diperbarui: 29 Maret 2023   16:43 428
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam mengatur sebuah perusahaan  adalah sebuah organisasi yang berisi orang-orang dan bagian-bagian yang sudah terbentuk untuk melaksanakan tujuan dan misi perusahaan diperlukan beberapa cara

Salah satunya adalah bagaimana kita menerapkan sebuah sistem informasi dalam sebuah perusahaan.

Secara sederhana sebuah sistem informasi itu membantu perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan karena diharapkan dengan sebuah sistem informasi yang baru nilai-nilai informasi yang tadinya lama didapatkan sekarang menjadi lebih cepat

Seperti contohnya pada zaman sistem informasi belum ada semua laporan keuangan atau penjualan dilakukan secara manual oleh pihak marketing pencatatan dilakukan dengan menggunakan buku penjualan.

Tentunya buku penjualan harus disalin ulang untuk mendapatkan sebuah nilai-nilai yang dapat menghasilkan sebuah laporan penjualan yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk mengevaluasi penjualan tersebut perbulan atau per 1 tahun atau mengevaluasi penjualan per 5 tahun 10 tahun

Segala catatan yang ada dalam sebuah laporan penjualan harus secara detail disajikan dalam sebuah laporan keuangan yang akan menghasilkan laporan keuangan yang baik

Bila hal tersebut dibuat secara manual dan dikumpulkan serta dihitung serta diproses secara manual juga maka akan memakan waktu lebih lama

Sekarang sistem pelaporan penjualan sudah sangat mudah dilakukan dengan menggunakan berbagai model sistem akuntansi penjualan sehingga kita dapat dengan cepat menghasilkan laporan pertamburan per 1 tahun per 10 tahun bahkan kita dapat mendapatkan pelaporan penjualan per minggu perhari sehingga kita dapat mengetahui secara langsung penjualan yang terjadi

Dari contoh di atas kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa sistem informasi digunakan untuk mempercepat pengambilan keputusan

Sistem informasi keuangan penjualan tadi dapat disajikan secara cepat oleh sebuah bagian dari perusahaan yang namanya bagian penjualan atau marketing

Dalam organisasi perusahaan bidang marketing memiliki porsi tersendiri dalam mengolah penjualan

Berbagai perusahaan multinasional company mengutamakan sistem informasi penjualan tersebut karena model penjualannya merupakan model penjualan dengan skala besar dan berbeda-beda tempat atau geografisnya

Tentu saja memiliki pola yang berbeda dalam sistem penjualan di berbagai daerah bahkan di berbagai negara yang memiliki banyak faktor di dalamnya

Faktor apa saja yang mempengaruhi sebuah daerah dalam sistem penjualan

Salah satu contohnya adalah faktor-faktor kultur daerah tersebut di mana daerah tersebut memiliki karakteristik tersendiri dalam hal berbudaya atau berpikir

Kultur tersebut tidak lepas dari nilai sosial budaya daerah tersebut sehingga sistem penjualan tentu harus mengikuti kultur dan budaya tersebut

Hal  ini juga sekarang tercatat dalam berbagai sistem informasi diantaranya adalah customer manajemen di mana sistem ini membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi dari customer apa yang diingin customer atau keluhan apa saja yang terdiri dari sebuah penjualan yang dilakukan oleh seorang customer

Pada era modern ini tentunya sistem tersebut harus mulai dikembangkan karena akan membantu pihak marketing dalam menjual produk-produk atau jasa pada sebuah daerah atau berbeda daerah dengan asal sistem atau produk tersebut atau jasa tersebut di kembangkan

Hal tersebut adalah kepanjangan dari masalah yang terjadi dari model marketing yang sudah cukup besar dan luas

Hal tersebut dikenal dengan istilah bagaimana kita mengenal lingkungan di luar perusahaan untuk bersaing dengan berbagai perusahaan lain atau pihak lain dalam melakukan sebuah proses penjualan

Tentunya lingkungan dalam sebuah perusahaan bukan hanya di dalam sebuah daerah saja tapi tentu berbeda daerah merupakan salah satu pokok dalam sebuah model marketing era modern sekarang

Faktor-faktor pesaing dalam sebuah nilai penjualan sangat penting diperhatikan karena produk-produk yang sama atau hampir sama dengan produk yang kita jual harus diperhatikan nilai-nilai penjualannya

Selain itu tentunya nilai budaya atau kultur dalam sebuah daerah perlu diperhatikan dalam sebuah nilai penjualan hal itu merupakan catatan tersendiri dalam sebuah kultur atau budaya

Sebagai contoh dalam sistem penjualan produk-produk mengandung alkohol tentunya tidak dianjurkan dijual di daerah-daerah yang melarang produk alkohol sebagai barang konsumsi

Tapi di daerah lain hal tersebut bukan merupakan masalah dan tidak adanya pembatasan dalam mengatur produk-produk beralkohol beredar di pasaran

Selain itu juga banyak masalah yang terjadi dengan perbedaan aturan dalam sebuah daerah yang letak geografisnya berbeda atau boleh dikatakan di berbagai negara memiliki aturan dalam menyebarkan produk-produk tertentu atau memasarkan produk-produk tertentu

Aturan tersebut tidak mungkin dilanggar sehingga akhirnya produk yang kita akan keluarkan menjadi tidak boleh dipasarkan di daerah tersebut

Faktor-faktor eksternal ini merupakan variabel yang juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam sistem penjualan .

Berbagai hal lain misalkan sebuah perusahaan produksi yang merupakan manufaktur perusahaan mendapatkan berbagai bahan baku dari berbagai perusahaan supplier

Tentunya banyak penawaran-penawaran dari supplier yang merupakan juga faktor eksternal dari perusahaan

Persaingan di dalam membeli bahan baku untuk produksi perlu diperhatikan untuk menjamin sebuah produk lebih baik atau mungkin produk tersebut harus bersaing dengan harga pasar

Hal lain yang banyak diperhatikan dalam sebuah model organisasi pihak eksternal politik dalam sebuah daerah berbeda dengan daerah lain sehingga tentu dalam memperkenalkan produk atau nilai-nilai jasa yang ingin diberikan kepada sebuah negara atau daerah berbeda

Aturan-aturan yang dipakai di setiap negara tentunya berbeda seperti misalkan kita memberikan jasa keuangan pada negara yang berbeda dengan sumber negara tersebut seperti membangun sebuah perbankan di negara asing atau bank asing mengikuti perbankan yang ada di negara Indonesia

Tentunya banyak peraturan yang harus diikuti oleh pihak asing tersebut dalam membangun sebuah jasa keuangan atau perbankan di Indonesia atau demikian juga kita harus mengikuti peraturan-peraturan negara setempat pada saat kita ingin membuka sebuah model perbankan yang memiliki brand atau license dari negara kita

Berbagai aturan dan nilai-nilai politik akan melekat pada sistem perusahaan yang kita ingin buat dalam sebuah daerah

Hal tersebut di atas merupakan faktor-faktor eksternal atau lingkungan perusahaan sekarang bagaimana dengan faktor internal perusahaan itu sendiri

Dalam sebuah perusahaan tentunya kita akan mengikuti sebuah proses struktur organisasi yang biasanya kita kenal dengan segitiga organisasi sistem informasi

Dalam segitiga organisasi mengatur sistem informasi kita membagi tiga bagian bagian paling bawah dikenal dengan istilah operasional di mana bagian ini adalah bagian-bagian yang langsung berhubungan dengan klient seperti bagian marketing yang berhubungan langsung dengan klient atau bagian produksi yang secara operasional melakukan sebuah pelaksanaan produksi secara langsung seperti melakukan produk-produk operasional

Sebagai contoh nilai-nilai produksi bagian operasional terdiri dari bagian-bagian dalam sebuah produksi misalkan bagian pemotongan produk atau bahan baku pengolahan bahan baku dan lain sebagainya

Dari bagian marketing tentunya ada bagian-bagian sales yang menawarkan barang-barang tersebut langsung kepada penjual atau kepada distributor distributor yang membutuhkan produk yang kita jual

Selanjutnya bagian dari middle management yang kita kenal dengan istilah dengan istilah taktik atau taktikal di mana bagian ini merupakan bagian supervisi yang melakukan sebuah proses pengaturan dari catatan-catatan produksi

Seperti misalkan catatan-catatan produksi bahan baku yang harus diolah bahan baku yang harus dipotong bahan baku yang harus di melting dan berbagai hitungan terhadap kapasitas mesin dan tenaga kerja yang harus melakukan sebuah proses produksi

Atau bagian marketing misalnya adalah bagian-bagian yang langsung berhubungan dengan model-model pencatatan market dan analisa market di sebuah daerah

Selanjutnya top manajemen di mana bagian ini berhubungan dengan langsung dengan pimpinan perusahaan yang merupakan pengatur strategi dari perusahaan

Bagian ini yang merupakan pengendali dari perusahaan tersebut untuk melaksanakan misi misi perusahaan tersebut

Tingkat strategi ini menentukan maju mundur atau berhasilnya sebuah perusahaan

Selanjutnya di manakah peran sebuah sistem informasi dalam setiap bagian tersebut

Bila kita melihat hanya dua bagian saja di antara marketing dan produksi tentu bagian operasional memiliki nilai-nilai yang berbeda di mana bagian operasional ini memiliki catatan-catatan yang secara langsung mengenai customernya gimana catatan-catatan customer kebutuhan customer dan berbagai keinginan dari customer dimiliki oleh bagian operasional bila hal tersebut dilihat dari bagian pihak marketing tapi bagaimana dengan operasional bidang industri yang tentu saja memiliki catatan-catatan tentang produksi yang telah dilakukan

Berbagai catatan produksi tentunya sangat panjang dimulai dari jumlah produksi yang telah dilaksanakan pemakaian energi dalam produksi pemakaian sumber daya manusia dalam produksi pemakaian bahan baku dalam industri dan berbagai hal lain merupakan catatan-catatan produksi secara operasional

Bagaimana dengan catatan-catatan tersebut harus dikumpulkan secara cepat dan dapat dibuatkan laporan secara tepat

Sehingga mudah dianalisis dan melakukan evaluasi

Sistem informasi sebagai landasan dari sebuah perusahaan yang berhadapan dengan langsung model produksi atau model penjualan tentu saja tidak mudah dibuat

Pada era mobile sekarang sistem penjualan sudah melakukan aplikasi berbasis mobile bahkan jasa-jasa perbankan sekarang sudah di modernisasikan dengan aplikasi mobile agar setiap transaksi dapat dilakukan secara cepat

Ini merupakan bagian dari operasional perbankan tersebut untuk membantu para customernya dapat dengan cepat melakukan transaksi sebagai perusahaan jasa tentunya hal tersebut sangat diperlukan

Fleksibilitas dari transaksi sebuah perbankan memiliki nilai tersendiri pada era digitalisasi sekarang karena customer secara cepat membutuhkan aplikasi-aplikasi mobile untuk melakukan sebuah transaksi

Berbagai sistem penjualan e-commerce juga sekarang membutuhkan aplikasi-aplikasi mobile untuk melakukan sebuah transaksi

Daya dukung jasa keuangan tentunya sangat memerlukan sebuah aplikasi berbasis mobile sebagai daya dukung operasional perusahaan tersebut

Bagaimana dengan sistem supervisi dari sebuah perusahaan berbasis marketing dan operasional tadi tentunya kita akan mengenal dengan model sistem sap Oracle dan pengelolaan database secara besar yang ditawarkan perusahaan-perusahaan provider untuk mengelola data menjadi sebuah laporan dan menganalisis data secara cepat

Bagian menengah perusahaan tersebut mengatur proses bisnis dari sebuah perusahaan bagaimana sebuah informasi dapat diatur sedemikian rupa agar bagian-bagian tersebut tidak bertabrakan dan memiliki porsi dan model informasi yang sesuai

Dalam sistem informasi kita mengenal dengan relation database management system di mana model ini memperkenalkan dari pengolahan database sehingga menjadi sebuah laporan yang diperlukan oleh sebuah perusahaan

Selanjutnya bagaimana sebuah top management mengatur sebuah perusahaan tentunya hal ini memerlukan sebuah model perencanaan yang lebih matang di mana kita mengenal model-model enterprise resource planning yang mengatur berbagai model sistem dalam sebuah perusahaan

Sistem ini dapat mengatur berbagai model sistem di bawahnya seperti bagian marketing finance customer relation management project management processing system manufacture inventory bahkan model e-commerce yang dikembangkan oleh pihak ketiga

Sehingga sistem informasi pada zaman modern sekarang sudah merupakan salah satu pokok dalam pengolahan perusahaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun