Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Persiapan Aplikasi Berbasis Transaksi Online Seperti Apa

18 November 2022   13:27 Diperbarui: 18 November 2022   13:35 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Bicara aplikasi ideal pada sebuah model bisnis tentunya banyak hal yang dapat dijelaskan dan dieksplor dalam sebuah era digitalisasi sekarang

Bercermin pada sistem perbelanjaan sekarang yang sudah masuk era digitalisasi tentunya kita banyak melihat bahwa transaksi zaman sekarang bukannya transaksi konvensional dimana kita pergi ke pasar pilih-pilih barang kemudian membeli

Sehingga kita boleh tahu bahwa sistem pasar konvensional yang memerlukan tempat memerlukan yang cukup luas untuk mengumpulkan orang berbelanja di sana sekarang sudah mulai ditinggalkan

Hari ini terlihat jelas dengan banyaknya mundur pengusaha-pengusaha ritel besar di Indonesia Anda boleh berkaca pada mundurnya sebuah retailer besar seperti matahari group Giant yang merupakan juga sebuah ritel besar yang pernah merajai di Indonesia sekarang sudah tidak ada lagi

Para pengusaha besar atau konglomerasi besar sekarang sudah mulai coba mundur dari kancah penjualan ritel besar-besaran dengan membuka atau pusat-pusat perbelanjaan

Pusat-pusat perbelanjaan yang muncul sekarang lebih cenderung kepada nilai-nilai kuliner dan rekreasi modern yang dimunculkan di berbagai pusat perbelanjaan

Sedangkan untuk perbelanjaan gereja yang sekarang ada itu lebih ke model digitalisasi di mana peningkatan penjualan di e-commerce sudah begitu besar peningkatannya jelas pada saat kita mengalami covid 19.

Perbelanjaan di era digitalisasi mulai meningkat proses pengembangan bisnis mulai ditingkatkan di bidang model pembelanjaan tersebut seperti banyaknya muncul sistem logistik atau proses pengantaran barang ke tempat ke rumah-rumah

Para reseller berbondong-bondong masuk ke media e-commerce seperti misalkan Lazada kopi Bukalapak dan lain sebagainya juga perusahaan-perusahaan yang berbasiskan jasa masuk semua ke media global yang disebut dengan internet

Banyak selain e-commerce masuk ke media internet berupa web store yang merupakan bagian dari sistem penjualan juga

Web store ini kita bisa lihat dari bangkrutnya matahari group muncul web store matahari sebagai tempat perbelanjaan online kenapa demikian karena tentunya saja lebih menguntungkan para best seller di sana

Sehingga manajemen manajemen yang muncul di era digitalisasi dan transaksi secara digital ini seperti manajemen supply chain yang mulai booming pada era pengiriman barang ke rumah-rumah dan mengelola rantai pasok di para e-commerce

Model logistik dengan supply chain management tidak luput dari perhatian para pengusaha zaman era digitalisasi di mana sistem penjualan pembelian dan pengelolaan lantai pasok merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen tersebut

Mengapa demikian karena tentu saja pada era sekarang kegiatan logistik sudah merupakan salah satu pokok yang banyak digemari para pengusaha untuk digeluti secara serius

Pengantaran pengantaran barang berbasis roda dua di setiap kota sudah marah dan proses-proses dropshipping yang banyak dikemukakan di manajemen rantai pasok sebagai manajemen baru sudah mulai dikembangkan sebagai satu ikatan bisnis mendukung sistem jual beli digital

Kalau ini juga tidak luput dengan proses model pencarian barang pada berbagai browser yang banyak dikembangkan pada saat ini seperti misalkan penggunaan proses bisnis intelijen atau algoritma algoritma menggunakan mesin learning berbasis searching terhadap produk

Diterapkan di berbagai browser yang berbasiskan berbagai penjualan di media-media sosial seperti misalnya Facebook Instagram dan berbagai media sosial lain yang lazim digunakan oleh para influencer untuk memperkenalkan barang dan jasa

Para pembuat konten juga sekarang sudah makin banyak untuk mendapatkan endorse endorse dari berbagai produsen untuk memperkenalkan produk-produk mereka

Perubahan sistem advertising berbasis bisnis intelijen sudah marak terjadi di media-media sosial sehingga orang berusaha untuk meraih pasar tersebut untuk mendapatkan keuntungan atau cuan

Para kontan kreator sekarang sudah mulai jeli bagaimana memperkenalkan produk-produk para produsen karena tentu saja banyak imbalan yang diberikan oleh para produsen untuk sebuah influencer produk

Bisnis bidang influencer ini berkembang di kalangan muda karena pembuatan-pembuatan konten yang menarik akan menarik perhatian para netizen

Banyaknya netizen yang menonton atau menyaksikan konten-konten yang sudah disiapkan para influencer tersebut mengundang banyak advertising masuk ke konten tersebut

Zaman subscriber yang banyak merupakan salah satu potensi dalam mengembangkan bisnis bidang ini

Berbagai bisnis intelijen juga dikembangkan untuk mengelola para content creator yang memiliki berita-berita yang menarik sehingga dapat mengundang para penonton atau pemeriksaannya

Mengundang customer dalam sebuah aplikasi bukan hal yang mudah tetapi dengan bantuan para konten kreator dan influencer-influencer produk yang memang memiliki potensi untuk mengembangkan berita tentang produk-produk tertentu akan membantu para produsen untuk memperkenalkan produk

Sehingga rantai penjualan akan meningkat atau dengan kata lain jaringan penjualan pada sebuah produk akan meningkat penawaran-penawaran yang diberikan oleh para influencer dapat menarik subscribernya untuk membeli produk-produk tersebut dengan memperkenalkan berbagai keunggulan-keunggulan yang di dalam produk tersebut

Zaman sudah mengalami perubahan dari media broadcasting sekarang sudah masuk ke media digital atau kita kenal dengan media streaming dengan mempergunakan media-media sosial

Untuk bisnis sendiri tentunya dalam perusahaan harus punya kendali atas sistem penjualan sistem marketing persediaan barang bahkan transaksi yang dilakukan oleh para customernya untuk mendapatkan produk diperhatikan oleh dunia elektronik bisnis

Para pihak ketiga yang disebut dengan financial teknologi juga memperkenalkan berbagai bentuk pendanaan yang tujuannya untuk membuat sebuah fleksibilitas transaksi

Berbagai hal ditawarkan untuk para customer dapat langsung bertransaksi dengan nyaman dan mudah dalam mendapatkan sebuah barang tujuannya adalah sederhana supaya barang itu cepat laku dan perputaran bisnis tetap berjalan tanpa terkendala dengan model-model transaksi yang rumit

Perkembangan bisnis juga melonjak dari sistem penjualan lokal menjadi sistem penjualan nasional bahkan internasional memperkenalkan produk-produk impor sekarang sangat mudah di dunia e-commerce

Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena dunia digital mempermudah proses tersebut

Juga sekarang pola bisnis tidak berdiri sendiri pola bisnis kemitraan dalam dunia e-commerce dan e bisnis itu sangat kental di mana berbagai perusahaan dapat ikut serta dalam pola-pola bisnis digital tersebut

Sebagai contoh yang bisa diambil adalah e-commerce tertentu memiliki sistem transaksi dengan berbagai financial teknologi yang ditawarkan seperti misalkan menawarkan transaksi dari ovo dana dompet shopeepay go-pay dan berbagai fintech yang diperkenalkan di sistem transaksi e-commerce tersebut belum lagi pihak perbankan yang mempermudah sistem pembayaran dengan menggunakan transfer baik melalui kartu kredit atau dengan menggunakan teknologi virtual buying atau virtual selling

Virtual transfer yang diberikan oleh perbankan merupakan bagian dari kemudahan juga untuk melakukan sebuah proses pembayaran dengan menyediakan nomor rekening transaksi tertentu dari e-commerce sehingga jenis transaksi tertentu dapat langsung terbaca oleh perbankan tersebut

Sistem pelaporan transaksi juga sudah cukup lengkap di zaman digitalisasi sekarang

Transaksi jual beli pada sebuah e-commerce sudah dicatat dengan rapi dan dikirimkan ke email masing-masing sehingga setiap transaksi dapat secara jelas di kontrol dan dilihat

Pelanggan mendapatkan informasi tentang transaksi dari hasil pembelian atau para pelapak yang mendapatkan informasi terhadap barang yang sudah dijual kepada pelanggan

Penyajian laporan-laporan seperti ini sudah demikian baik sehingga dapat dikatakan bahwa manajemen e-commerce makin lama makin berkembang dan mendapatkan peluang di hati para customernya

Proses promosi terhadap barang-barang tertentu yang diberikan para e-commerce juga sekarang sudah sedemikian baik sehingga kita dapat mendapatkan informasi produk sudah sangat mudah

Penggunaan gadget di keseharian masyarakat sudah merupakan bagian dari hal yang perlu kita garis bawahi bahwa sistem perbelanjaan kita sekarang sudah masuk era digital

Jadi tentunya pada masa yang akan datang model perbelanjaan dan komponen arsitektur aplikasi elektronik bisnis sudah sangat jelas diperlukan pada era digitalisasi dan model manajemen ekonomi sudah berubah dari konvensional menjadi digitalisasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun