Mohon tunggu...
Julita Hasanah
Julita Hasanah Mohon Tunggu... Masih Mahasiswa

A Long Life Learner

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jokowi adalah "Kita", Bagaimana dengan Gibran?

5 Agustus 2020   13:07 Diperbarui: 5 Agustus 2020   13:25 186 13 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jokowi adalah "Kita", Bagaimana dengan Gibran?
sumber TribunStyle/kolase 

Pencalonan Jokowi pada periode pertama bersama Jusuf Kalla memang seolah menjadi skenario indah sang maha kuasa. Terlepas dari pencitraan yang super masif atau terjadi secara alami, sosoknya yang berangkat dari seorang pengusaha mebel asal Solo menyedot perhatian massa.

Tidak percaya? dengan bermodalkan dua kata kunci "Jokowi" dan "sederhana" dalam kotak pencarian google, dalam sekejap Anda akan dihidangkan ratusan berita lama mengenai Jokowi yang digadang-gadang sosok "From Zero to Hero".

Sebelum lebih jauh membahas kehebohan Jokowi dan keberhasilannya mendulang suara pilpres dua kali berturut-turut, alangkah lebih menarik jika kita sama-sama menengok sejarah sosok-sosok presiden Republik Indonesia dari masa ke masa.

Trah Ningrat dan Berasal dari Kaum Terpelajar

Jajaran Presiden RI dari waktu ke waktu seringkali dikaitkan dengan sosok yang lahir dari keluarga terpelajar dan membawa trah ningrat dalam darahnya. Dimulai dari sang proklamator kemerdekaan RI, Soekarno yang merupakan presiden pertama ini digadang-gadang masih keturunan Sultan Hamengkubuwono II.

Lebih jauh, dalam buku Ayah-Bunda Bung Karno yang ditulis oleh Nurinwa Ki S. menyatakan Kakek Soekarno, Raden Hardjodikromo, dipercaya merupakan salah satu cicit Sultan HB II dari putranya yang bernama Pangeran Mangkoediningrat atau Raden Mangoendiwirjo. Soekarno juga seorang keturunan bangsawan Bali yang didapatkan dari garis keturunan Ibunya, Ida Ayu Nyoman Rai. Maka Megawati Soekarnoputri yang merupakan anak dari sang proklamator juga jelas membawa darah Sultan Hamengkubuwono II.

Berbeda dengan Soekarno, presiden yang menjabat dengan periode terlama, Soeharto justru mengklaim dirinya sebagai produk anak desa tulen. Meskipun hingga saat ini, silsilah Soeharto hingga kini masih menjadi misteri.

Berbagai bukti menunjukkan Presiden RI ke-2 tersebut masih merjupakan keturunan raja. Soemitro Djojohadikusumo dalam buku Jejak Perlawanan Begawan Pejuang (2000) mengungkapkan, Soeharto pernah mengatakan masih punya tali kekerabatan dengan keluarga keraton.

Soeharto selalu menolak dianggap keturunan raja dan mengaku hanya anak petani biasa, dan hingga kini publik masih dibuat penasaran dengan kebenaran silsilah Presiden RI ke-2.

Bagaimana dengan B.J. Habibie? 

Sejauh ini dapat dikatakan Habibie merupakan satu-satunya presiden RI yang memiliki darah Gorontalo. Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN