Mohon tunggu...
Juan Hardnov Rumbi
Juan Hardnov Rumbi Mohon Tunggu... Mahasiswa - .

Salam sehat selalu

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Gimana Sih Cara Mendukung Program "Net Zero Emissions"?

22 Oktober 2021   23:50 Diperbarui: 22 Oktober 2021   23:57 87 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pemanasan global merupakan suatu kejadian alam yang bisa disebabkan karena adanya kegiatan manusia yang perlahan mulai merusak bumi kita, salah satu penyebab hal itu karena banyaknya penggunaan bahan-bahan fosil serta meningkatnya kegiatan produksi gas rumah kaca, sehingga gas-gas berbahaya yang dihasilkan perlahan-lahan mulai menumpuk di atmosfer seperti karbon dioksida (CO2).

Dampak dari adanya pemanasan global bagi bumi bisa dibilang sangat bebahaya, karena dengan adanya pemanasan global tentu saja suhu bumi akan semakin meningkat yang membawa dampak sangat buruk bagi lingkungan dan ekosistem yang ada di dunia. Salah satu dampak dari pemanasan global dapat dilihat di kutub yaitu dengan mencairnya glasier serta es yang berada disana. Dampak lain dari pemanasan global yaitu kondisi iklim yang tidak sesuai, curah hujan yang sangat tinggi, hingga lapisan ozon pada atmosfer bumi semakin menipis.

Lantas bagaimana cara mengurangi tingkat pemanasan global ini ? Dalam sebuah siaran pers Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin berpendapat bahwa untuk mengurangi tingkat pemanasan global, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung gerakan Net Zero Emissions yang merupakan puncak dimana penduduk bumi masa depan bisa menyerap semua emisi karbon yang ada dibumi melalui kegiatan kegiatn serta bantuan teknologi yang bisa dilakukan mulai dari sekarang.

Sesuai dengan informasi siaran pers, komitmen Pemerintah Indonesia dalam mendukung pelaksanaan Net Zero Emissions, diterapkan melalui penyusunan beberapa strategi seperti mandatori biodiesel, co-firing PLTU, pemanfaatan Refuse Derived Fuel, penggunaan pembangkit listrik energi terbarukan, serta memaksimalkan penggunaan non listrik.

Dalam proses menuju Net Zero Emissions, bukan hanya pemerintah yang harus bergerak dalam hal ini, tetapi kita sebagai masyarakat harus ikut serta dalam program ini, karena untuk mewujudkan program ini harus dimulai dari kepribadian diri masing-masing. Lantas bagaimanakah kita sebagai masyarakat, khususnya para generasi muda yang akan menjadi penerus di masa yang akan datang dalam mendukung program ini ? Berikut adalah beberapa cara penulis dalam mendukung beberapa program Net Zero Emissions :

1. Mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar

Hal ini merupakan salah satu cara yang dapat mencegah pemanasan global. Karena dengan melakukan hal ini tentu saja gas karbon dioksida yang dihasilkan oleh asap knalpot kendaraan pastinya akan berkurang, sehingga dapat mengurangi tingkat pemanasan global di muka bumi. Alternatif yang dapat digunakan yaitu apabila ingin pergi ke tempat tujuan yang bisa dibilang dekat dari tempat awal, bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda, karena dengan hal ini selain menghemat bensin kendaraan, tentu saja berguna bagi kesehatan tubuh.

2. Mengoleksi tumbuhan dan tanaman

Cara ini tentu saja sangat berperan dalam program ini, apalagi bagi orang-orang yang bisa dibilang memiliki ketertarikan sendiri terhadap tumbuhan dan tanaman. Karena dengan adanya tumbuhan dan tanaman di sekitar rumah kita, tentu saja akan tanaman dan tumbuhan tersebut bisa menyerap gas gas karbon dioksida dan akan mengeluarkan gas oksigen yang membuat lingkungan rumah lebih nyaman. Kegiatan ini bisa dibilang susah-susah gampang, karena hanya membutuhkan kerajinan untuk menjaga tumbuhan dan tanaman itu agar tetap tumbuh subur.

3. Meminimalisir penggunaan listrik

Hal ini sebenarnya bisa dibilang cukup mudah, tapi tergantung dari kesadaran pribadi masing-masing, karena pada umumnya masyarakat Indonesia bisa dibilang sering boros listrik contohnya seperti setelah menggunakan kipas angin tetapi colokan listriknya tidak dicabut, tentu saja hal ini akan menyebabkan terjadinya pemborosan listrik. Jadi, kita sebagai masyarakat apabila sudah selesai menggunakan barang yang berhubungan dengan listrik, diharapkan agar segera mematikannya ya. Meskipun hal ini kecil, tetapi sangat berdampak dalam mengurangi pemanasan global.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan