Mohon tunggu...
Artika Puspitasari Salsabila
Artika Puspitasari Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 23107030046 UIN Sunan Kalijaga

Seorang anak perempuan kelahiran Kabupaten Fakfak yang senang bercerita kepada teman-temannya dan memberikan aura positif ke semua orang serta mempunyai bakat bernyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Gimana Sih Caranya Agar Lebih Produktif?

11 Maret 2024   06:14 Diperbarui: 11 Maret 2024   06:27 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
jaringanprima.co.id

Kalian masih suka malas-malasan? Di kasur seharian? Tidak memikirkan kesehatan? Selalu begadang? Yang bener aja! Rugi dong!
Untuk menjadi seorang manusia yang sehat jasmani maupun rohani, tentu saja kita harus menjadi lebih produktif untuk meningkatkan kualitas hidup kita. 

Meskipun di hari libur pun, harusnya kita tetap produktif loh! Seperti mengisinya dengan kegiatan yang kamu sukai, seperti olahraga, jalan-jalan, dan membantu orang tua di rumah. Nah, aku ada beberapa tips nih untuk teman-teman yang masih suka bermalas-malasan walaupun bukan di hari libur sekalipun.

1. Buat Rencana/Jadwal Harian Mu
Nah, hal pertama yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita adalah membuat rencana/jadwal tiap harinya agar kegiatanmu lebih terarah. Misalnya, hari Senin aku akan bangun pagi untuk mencuci piring, setelah itu mandi untuk bersiap-siap ke sekolah. Setelah pulang sekolah aku akan mengerjakan pr Matematikaku. 

Setelah mengerjakan pr, aku akan membaca buku, menyetrika baju, setelah itu barulah aku akan tidur untuk dapat melanjutkan hari esok. Nah, sebelum tidur, teman-teman jangan lupa juga untuk membuat to do list di keesokan harinya agar dapat tetap produktif setiap harinya.

2. Manajemen Waktu yang Baik
Penting banget nih bagi teman-teman untuk belajar manajemen waktu dengan baik agar kegiatanmu dapat lebih terarah. Seperti dari jam 7-9 malam aku akan belajar dan kemudian tidur. Setelah itu aku akan bangun pukul 4 pagi untuk beribadah, kemudian membantu orang tuaku. Lakukanlah hal ini tiap hari agar dirimu lebih menghargai bahwa ternyata waktu itu penting dan tidak digunakan untuk bermalas-malasan saja.


3. Belajar Bangun Pagi Tiap Hari
Seperti yang dikatakan orang-orang, "Bangun pagi agar rejekimu tidak dipatok ayam." Nah, maknanya tuh teman-teman diharapkan agar tidak bangun siang dan dapat mengerjakan banyak hal di pagi harinya ketimbang hanya tidur-tiduran di kasur seharian. Kesehatanmu juga bisa lebih baik loh kalau bangun pagi!


4. Istirahat yang Cukup
Dilarang keras untuk begadang! Begadang hanya akan memperburuk kesehatanmu loh. Badanmu akan lemes, kepalamu pusing, dan tidak bertenaga. Istirahat yang cukup itu sangat penting sekali agar kita dapat lebih semangat menjalani hari berikutnya.

5. Makan Makanan Bergizi
Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatanmu dengan makan makanan yang bergizi yah! Seperti makan sayur dan buah. Pastikan kebutuhan karbohidrat dan proteinmu terpenuhi. Kurangi makan makanan yang berminyak juga!


6. Perbanyak Minum Air Mineral
Kurangi minum minuman bersoda, dan yang banyak memiliki gula. Teman-teman harus lebih sering minum air mineral minimal 8 kali sehari agar tubuh kita tidak dehidrasi dan mulut pun tidak berasa kering.


7. Kurangi Bermain Gadget dan Media Sosial
Nah, untuk kesehatan jasmani dan rohani kita juga harus lebih menghindari bermain gadget terlalu lama hanya karna ingin menonton media sosial dan bermain game. Sudah jelas mata kita akan rusak karena terkena radiasi akibat dari melihat gadget seharian. Lakukanlah kegiatan yang lain seperti menyiram bunga, olahraga, dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun