Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Latsar CPNS 2022: Membentuk Karakter Seorang PNS

3 Oktober 2022   18:27 Diperbarui: 3 Oktober 2022   18:47 211 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penutupan kegiatan Latsar CPNS 2022 (Dokpri)

Mengikuti Pelatihan Dasar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)  2022 merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang CPNS agar menjadi seratus persen PNS. Oleh sebab itu, semua CPNS yang ada di Indonesia pastinya mengikuti syarat dan aturan tersebut dengan baik.

Jika tidak mengikuti dengan baik, maka sanksinya adalah tidak dapat diangkat menjadi PNS secara utuh.

Kebetulan saya bersama teman-teman tergabung dalam kelompok 3 angkatan 51 Latsar CPNS tahun 2022 mengikuti seluruh agenda kegiatan yang dijadwalkan oleh panitia Latsar.

Dalam kegiatan itu, semua peserta dilatih untuk menerapkan core values atau nilai-nilai dasar BerAkhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif) dalam pekerjaan demi melayani masyarakat dengan baik.

Dalam proses pembelajaran, Coach atau pelatih para peserta mengajak setiap peserta untuk lebih aktif dalam berdiskusi di dalam ruangan demi menghasilkan pemikiran-pemikiran cemerlang dari seorang CPNS dan juga melatih peserta dalam berbicara sekaligus memahami tugas dan tanggungjawab sebagai seorang PNS nantinya.

Hasil kegiatan merancang poster (Dokpri)
Hasil kegiatan merancang poster (Dokpri)

Terlihat jelas, bahwa apa yang kami lakukan begitu interaktif dan menarik. Para peserta menerima pembelajaran dengan baik dan mampu menyampaikan hal-hal yang masih menjadi kendala didalam kantor dan juga hal-hal apa saja yang akan dilakukan setelah mengikuti Latsar CPNS tahun 2022 ini.

Pembelajaran dan latihan seperti itu mampu membentuk karakter seorang CPNS agar menjadi PNS yang berintegritas dan profesional sebagaimana keinginan dari seluruh masyarakat Indonesia.

Dokpri 
Dokpri 

Seorang PNS harus mampu memenuhi semua aspek nilai dalam core values BerAkhlak sehingga mencerminkan PNS yang berintegritas dan profesional di masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan