Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tips agar Anak Aman Saat Sekolah Tatap Muka

9 Juni 2021   23:01 Diperbarui: 9 Juni 2021   23:21 71 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips agar Anak Aman Saat Sekolah Tatap Muka
Sumber: Ilustrasi anak sekolah/ Istockphoto/Damircudic

Pada bulan Juli mendatang direncanakan akan dibuka sekolah tatap muka oleh Kemendikbud-Ristek. Karena itu, orangtua dan kita pasti butuh tips agar anak aman mengikuti sekolah tatap muka. Tips itu tentunya sangat bermanfaat dan membantu menghindari penyebaran Covid-19. Berikut beberapa tips agar aman sekolah tatap muka:

Pertama, mendampingi anak sampai ke sekolah.

Tips pertama yang perlu kita ketahui adalah mendampingi anak sampai ke sekolah. Orangtua dalam hal ini sangat layak mendampingi anak saat hendak ke sekolah dan juga sampai pulang sekolah.

Hal itu sangat layak dilakukan agar anak-anak tidak sembarangan dalam bermain, dalam berbincang-bincang dengan temannya dan dalam setiap kegiatan di sekolah.

Anak harus terus diawasi secara penuh karena peran orangtua sangat penting menjaga kesehatan anak agar sekolah tatap muka tetap berjalan lancar.

Kedua, jangan biarkan anak naik angkutan umum.

Tips kedua yaitu jangan biarkan anak naik angkutan umum. Harus disadari bahwa penting membatasi dan tidak menyarankan anak naik angkutan umum karena sangat mungkin di angkutan umum akan tercipta kerumunan didalam angkutan sehingga bisa menyebabkan penyebaran baru Covid-19.

Apalagi anak-anak harus kita jaga. Jangan sampai anak-anak dibiarkan pergi ke sekolah di tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai. Alangkah baiknya, anak-anak diantarkan ke sekolah sampai Pandemi Covid-19 berakhir. Semua itu untuk kesehatan dan kebaikan anak.

Ketiga, edukasi protokol kesehatan.

Tips ketiga yaitu edukasi protokol kesehatan. Seorang anak masih dalam masa tumbuh kembang sehingga harus diedukasi tentang apa itu Covid-19 dan juga cara mencegah agar tidak terkena.

Paling penting juga, setiap hari anak harus diberitahu tentang protokol kesehatan secara ketat ketika sekolah tatap muka digelar. Ingatlah bahwa penting sekali anak-anak bisa menjaga diri dengan protokol kesehatan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN