Mohon tunggu...
Juandi Manullang
Juandi Manullang Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Alumnus FH Unika ST Thomas Sumut IG: Juandi1193 Youtube: Juandi Manullang

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Kritik PSI terhadap Anies Sangat Bergizi

6 September 2019   14:25 Diperbarui: 6 September 2019   14:30 184 3 0 Mohon Tunggu...

Rencana Kebijakan Anies yang ingin mengizinkan PKL Berjualan di Trotoar dikritik keras oleh PSI (Partai Solidaritas Indonesia) melalui anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI William Aditya Sarana.

William mengatakan bahwa pedagang kaki lima yang diizinkan berjualan di trotoar akan merugikan pejalan kaki. Anies diminta mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak yakni untuk pejalan kaki dan PKL.

Kritik dari politisi PSI tersebut rasanya sangat bergizi karena tujuan nya baik bagi pemerintah DKI Jakarta. Akan tetapi, Anies menjawab bahwa banyak di kota besar di negara lain yang memberi ruang bagi PKL untuk berjualan misal, New York Amerika Serikat.

Kalau saya boleh berpendapat bahwa trotoar yang dijadikan PKL bisa membuat tata kota semrawut. Perhatikan sajalah, andai PKL di trotoar, maka pembeli akan sesuka hatinya parkir di pinggir jalan, dan hak pejalan kaki pun terhambat.

Nah, saya sering melihat hal itu seperti di kota saya Medan ini. Banyak juga PKL yang berada di trotoar, yang terjadi adalah macet karena parkir sembarangan tadi.

Itu saja menjadi masalah mengapa jangan diberikan hak bagi PKL berjualan di trotoar. Tak bisa disamakan dengan New York karena harus dikaji lagi apa yang membuat New York dapat berhasil melakukannya.

Kalau saya pribadi, andai PKL tidak membuat semrawut di jalan, parkir liar karena banyak yang ingin berbelanja, maka tak masalah. 

Jadi, Pak Anies harus lebih bijak lagi dalam membuat sebuah program bagi rakyat. Jangan sampai program itu banyak kontranya. 

Sebaiknya, PKL diberikan lokalisasi yang tepat dan tidak mengganggu pejalan kaki dan lalu lintas kendaraan. Dampak buruk nya harus diperhatikan agar tidak ada perdebatan yang dapat memberikan suasana tidak nyaman. 

Maka dari itu, sangat bergizi kritikan dari politisi PSI tersebut agar semua pihak bisa mendengar nya terutama Pak Anies Baswedan.

Semoga kedepannya DKI Jakarta dapate jadi lebih baik di tangan Anies. Jakarta dapat lebih tertata sebagai kota metropolitan. Dengan demikian, maka aktivitas pemerintahan, bisnis dan lainnya berjalan lancar sesuai dengan keinginan semua pihak 

VIDEO PILIHAN