Mohon tunggu...
Joy Philabella
Joy Philabella Mohon Tunggu... Hipnoterapis

Joy Philabella adalah seorang hipnoterapis sejak tahun 2012. Banyak klien-kliennya dari berbagai latar belakang pekerjaan, usia, dan lain sebagainya yang telah mendapatkan "kebebasan" mereka kembali setelah menjalani sesi hipnoterapi bersama Joy Philabella.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Itu Hipnoterapi?

6 Maret 2019   12:00 Diperbarui: 6 Maret 2019   12:03 125 0 0 Mohon Tunggu...

Mungkin belum banyak orang yang mengenal dan mendengar tentang apa itu hipnoterapi dan fungsinya. Dan bahkan banyak yang menganggap bahwa hipnoterapi atau hipnosis itu berbahaya. Anda seperti tidak sadar dengan apa yang Anda katakan dan lakukan. Padahal, hipnoterapi dan hipnosis tidak dapat dilakukan apabila orang tersebut tidak mau menerima dan mengikuti instruksi yang diberikan. HIPNOTERAPI berasal dari 2 kata yaitu HIPNOSIS dan TERAPI yang memiliki makna sebuah proses terapi menggunakan teknik hipnosis.

APA ITU TEKNIK HIPNOSIS? Berikut penjelasannya.

Manusia memiliki dua bentuk pikiran yaitu PIKIRAN SADAR (PS) dan PIKIRAN BAWAH SADAR (PBS). Pikiran sadar memiliki porsi sebesar 10% dan berfungsi untuk menganalisa dan berlogika. Umumnya digunakan ketika kita membutuhkan kemampuan berpikir seperti menghitung, menganalisa, membuat keputusan, dan lain sebagainya. Pikiran bawah sadar memiliki porsi sekitar 80-90% dan berfungsi membentuk kebiasaan, karakter, emosi, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Teknik hipnosis adalah proses penembusan pikiran sadar menuju bawah sadar. Dalam hipnosis ini, kondisi klien adalah relaks dan terfokus.

MENGAPA MENGGUNAKAN HIPNOTERAPI?

Pada dasarnya hipnoterapi bekerja pada pikiran bawah sadar. Segala kebiasaan, emosi, dan tingkah laku kita pun dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar yang memiliki kapasitas sekitar 80%. Ketika Anda memiliki suatu ketakutan atau kecemasan tertentu yang tidak wajar, atau adanya mental block, trauma, kemarahan yang tidak terkendali, dan berbagai permasalahan psikologis lainnya, hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari pikiran bawah sadar yang kuat.

Pikiran bawah sadar berfungsi sebagai pelindung bagi diri kita agar terhindar dari bahaya. Namun terkadang hal ini pula lah yang menghambat kita untuk bisa bertumbuh lebih besar lagi karena adanya memori negatif yang tersimpan di pikiran bawah sadar kita. Memori negatif ini yang menyebabkan kita untuk takut keluar dari zona nyaman atau melepaskan perasaan-perasaan negatif yang tersimpan. Umumnya permasalahan yang dihadapi dalam hidup bertujuan untuk membuat kita bertumbuh menjadi lebih baik. Namun apabila permasalahan itu cukup berat dan menimbulkan sebuah trauma pada fisik dan mental, maka rasa takut atau kecemasan itu akan melekat dan menyebabkan adanya mental block. Oleh karena itu dibutuhkan pelepasan dari emosi negatif tersebut agar dapat berkembang dan terlepas dari beban mental tersebut.

Kita semua pasti ingin menjadi orang yang sukses dan mencapai kebahagiaan dalam hidup. Baik itu sukses dalam pekerjaan, karier, maupun hubungan dengan kerabat terdekat. Oleh karena itu kita dapat mengikuti berbagai pelatihan, seminar motivasi, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil dengan pengaruh yang lebih melekat pada perubahan kebiasaan dan perilaku yang kurang efektif, mendapatkan persepsi yang lebih positif, dan meningkatkan potensi diri, maka hipnoterapi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai hal tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x