Mohon tunggu...
Jepe Jepe
Jepe Jepe Mohon Tunggu... Teknisi - kotak katik gathuk

Males nulis panjang.

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

40 Tahun Ambon Jazz Rock, Awal Jopie Latul Goyang Nusantara!

26 Mei 2022   08:23 Diperbarui: 8 Juni 2022   08:47 809 51 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
40 Tahun Ambon Jazz Rock, Awal Jopie Latul Goyang Nusantara! (Foto: Discogs.com)

Nyong jang balari
Mari rapat rapat kamari
Bakumpul rame rame
Katong bamaeng enggo lari!

Ingat lagu  Enggo Lari? Kalau kamu lupa-lupa ingat akan syair lagu yang menceritakan permainan tradisional anak anak di Maluku ini, mungkin kamu masih ingar dengan irama musiknya yang lincah, dengan solo flute-nya dan lengkingan suara vokalisnya yang berdialek kental, tapi melengking sangat menawan.


Siapa penyanyinya? Siapa lagi kalau bukan dia yang telah menggoyang Nusantara sampai akhir hayatnya: almarhum Jopie Latul!

Atlantic Records menerbitkan lagu Enggo Lari bersama 11 lagu lainnya dalam satu album kaset bertajuk Ambon Jazz Rock pada tahun 1982, 40 tahun yang lalu.

Almarhum Jopie Latul menyanyikan 11 dari 12 lagu di album kaset yang popularitasnya mencengangkan di tahun itu, terutama di Ambon, Maluku, Indonesia timur atau kampung-kampung Ambon Kart* di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Penulis yang masa kecilnya dihabiskan di salah satu kam Ambon Kart di Jakarta Timur masih memiliki kenangan bagaimana di tahun tersebut tidak ada seorang bocah pun yang tidak berlari sambil bersenandung refrain Enggo Lari:

Enggo lari, lari baku cari, cari sampe dapat enggo!

Adalah maestro penata musik pianis dan vokalis, alm. Christ Kayhatu yang sesungguhnya mendalangi suksesnya album Ambon Jazz Rock yang melejitkan nama alm. Jopie Latul ini.

Seperti memiliki dream team,  bersama aktor dan pemusik kawakan Enteng Tanamal sebagai penyelia rekaman, alm. Christ Kayhatu dibantu oleh para pemusik jazz Indonesia terhandal saat itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan