Mohon tunggu...
Y. P.
Y. P. Mohon Tunggu... Sales - #JanganLupaBahagia

Apabila ada hal yang kurang berkenan saya mohon maaf, saya hanya orang biasa yg bisa salah. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesejahteraan. Aamiin.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Data Tak Dijemput, Hilang Tak Ter-"backup"

2 April 2018   21:00 Diperbarui: 2 April 2018   21:26 889
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap hari saya sibuk bekerja dan smartphone sudah menjadi sarana pokok selain notebook untuk bekerja. Aplikasi yang paling sering saya gunakan adalah whatsApp, karena disana ada banyak group terkait pekerjaan. Ada juga group diluar pekerjaan seperti keluarga, almamater kampus, komunitas hobby dan lain lain. Begitu aktifnya smartphone saya, saya tidak pernah mematikan smartphone tersebut. Sampai suatu ketika bencana datang, smartphone saya mendadak bootloop(restart berulang). Mau tidak mau saya harus install ulang smartphone saya. Celakanya saya belum sempat membackup data saya.

Dampak dari peristiwa itu saya kehilangan data-data penting terkait pekerjaan yang saya simpan di dalam smartphone. Selain itu juga dokumen foto-foto yang penuh kenangan juga turut hilang. Rasa-rasanya data-data yang datang ke smartphone saya seperti data tak dijemput, hilang tak terbackup. Datang dan pergi begitu saja.

Lebih parahnya lagi, ternyata chat whatsApp pun tidak terbackup. Saya tidak ingat chat mana saja yang belum saya balas. Ternyata atasan saya menanyakan sesuatu terkait pekerjaan dan saya dianggap lalai karena lambat meresponse. Semenjak saat itu saya langsung ganti smartphone dan merubah cara penggunaan smartphone saya.

Saya lantas membeli Sandisk Ultra Dual USB Drive 3.0 dengan tujuan memudahkan saya untuk backup data smartphone saya. Kelebihan yang pertama bentuknya kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Kedua dia bisa dicolokkan ke hp tanpa perlu converter dan bisa juga dicolokkan ke notebook. Cukup geser kiri dan kanan saja. Secara periodik saya backup data smartphone saya kedalam flash disc ini. Harapannya jika ada kendala masalah dengan smartphone saya, data saya tetap aman tersimpan dalam flash disc.

Fitur ini juga memudahkan untuk berbagi file dengan ukuran agak besar yang tersimpan di smartphone saya. Kalau dikirim pakai bluetooth tentu akan lama, dan dikirim via media sosial tentu akan memakan kuota. Harganya pun sangat terjangkau, untuk yang kapasitas 32 giga harganya tidak sampai 200 ribu rupiah.

Nah ternyata flash disc ini ada versi terbarunya, namanya SanDisk Ultra Dual Drive m3.0.Designnya yang transparan terlihat elegan. Kecepatannya membaca datanya juga cepat 150 MB per detik. Yang banyak beredar dipasaran adalah versi 32 giga dan 64 giga. Saya kira versi 32 giga sudah cukup untuk backup data smartphone. Kalau punay smartphone Android sangat recomended untuk punya flash disc ini. Harganya terjangkau, fungsinya banyak.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video berikut :


Barangnya sudah tersedia di Indonesia, bisa dibeli di online shop maupun di toko komputer terdekat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun