Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ini Informasi 2 Lomba Menarik Oleh Kemendikbud, Berminat?

8 Agustus 2020   02:28 Diperbarui: 8 Agustus 2020   02:17 95 28 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Informasi 2 Lomba Menarik Oleh Kemendikbud, Berminat?
iklan lomba foto dan artikel kemendikbud(sumber:kompas.com)

Pendidikan di Indonesia menjadi topik pembicaraan hangat. Ya, semenjak Mendikbud Mas Nadiem mencanangkan program Merdeka Belajar lalu dunia termasuk Indonesia dilanda pandemi covid 19, kemudian memasuki tahun ajaran baru mau tidak mau sekolah sekolah menjalankan program pembelajaran jarak jauh (PPJ).

Sistem PJJ inilah yang menimbulkan polemik berkepanjangan. Sistem yang menimbulkan persoalan baru yang melanda peserta didik, orang tua anak didik sampai persiapan guru yang akan menerapkan sistem PJJ yang baru ini.

Wajarlah kalau sesuatu yang baru, termasuk sistem PJJ akan menimbulkan gejolak baru. Setiap terobosan baru yang diberlakukan pasti akan mengalami nasib mendapatkan tantangan pro maupun kontra.

Bila kita telah berkesempatan menyimak visi kemendikbud tahun 2020-2035 tentang peta jalan pendidikan Indonesia maka kita akan pahami bahwa di era percepatan pencapaian kualitas pendidikan maka sistem PJJ sebagai bagian dari program Merdeka Belajar itu tidak akan menjadi persoalan lagi.

Nah, sejenak kita tinggalkan problematik dunia pendidikan yang terjadi itu. Marilah kita simak program yang akan diselenggarakan kemendikbud yaitu 2 lomba yang menarik ini.

Pertama, lomba foto dan artikel dengan tema 'Merdeka belajar, Gelora Budaya, Indonesia Bahagia'. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan kita. 

Peserta lomba adalah pelajar SMA/SMK, Mahasiswa dan Umum. Karya terbaik akan mendapatkan piagam dan dana apresiasi. Khusus buat pelajar SMA/SMK dan Mahasiswa disediakan sertifikat dan dana apresiasi sebesar Rp. 5 - 7 juta, laptop serta buku paket.

Pendaftaran dan pengiriman naskah lomba dimulai tanggal 8 sampai 31 Agustus 2020. Pengumuman pemenang pada akhir September 2020. 

Ketentuan, persyaratan dan bentuk lomba untuk tiap kategori dapat dilihat lewat laman: https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2020/07/lomba-foto-dan-artikel-jurnalistik-2020

Informasi mengenai lomba ini dapat disimak di sini.

Kedua, Lomba Cerita Budaya Desaku. Penyelenggara adalah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI. Lomba dengan tema 'Potensi Budaya Desaku Dan Pengembangannya' disiapkan hadiah total lebih dari Rp. 1,5 milyar, yaitu dana pemberdayaan dan hadiah lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x