Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Dosen

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Aksi Anjing Pelacak Vs Aksi Pendemo 22 Mei

20 Mei 2019   09:39 Diperbarui: 20 Mei 2019   09:45 0 11 6 Mohon Tunggu...
Aksi Anjing Pelacak Vs Aksi Pendemo 22 Mei
anjingg pelacak polri (sumber:bombastis.com)

Andaikan rencana aksi pendemo 22 Mei di KPU dan Bawaslu akan terjadi, kita akan menyaksikan aksi Anjing Pelacak dengan aksi para pendemo.   Tentunya ini menarik di tonton. 

Pasalnya, anjing pelacak yang disiapkan beda dengan anjing peliharaan di rumah. Anjing yang sudah dilatih khusus sehingga masuk dalam jajaran korps baju coklat unit pasukan khusus bernama K9.

Namanya saja demo. Lazimnya ditandai dengan massa yang berjalan, terkumpul sambil membawa poster kerap teriak-teriak dan menyampaikan orasi tuntutan mereka. Bila aksi pendemo ini dilaksanakan secara tertib dan lancar maka tidak akan terjadi aksi anjing pelacak dengan pendemo. 

Persoalannya apakah penggagas atau penginisiatif demo mampu mengendalikan massa yang banyak itu terhadap tindakan yang akan dilakukan peserta demo? Fakta yang sering terjadi adanya tindakan pengrusakan, pembakaran kendaraan dan lain-lain yang mewarnai suatu aksi demo. Terlebih bila massa telah disusupi pihak ketiga yang sengaja memicu terjadinya kerusuhan. Bila ini terjadi maka aparat akan beraksi dan kita boleh menyaksikan aksi anjing pelacak vs aksi pendemo.

Harapan kita semua semoga saja hal ini tidak akan terjadi. Kita percaya aparat keamanan telah mengantisipasi dan mempersiapkan pengamanan aksi pendemo ini. Aparat keamanan telah mempersiapkan personil pada titik-titik rawan termasuk menyediakan pasukan khusus anjing pelacak K9.

Nah, inilah gambaran sekilas tentang anjing pelacak tim khusus K9 itu.

Anjing pelacak ini tampil diarena sebagai sosok yang menggunakan kevlar anti peluru, berbadan tegap dan siap menerkam siapa saja (kecuali petugas polisi yang mengendalikannya). Ciri khusus anjing ini, memiliki taring, moncong yang senantiasa terbuka dan punya susunan rahang belakang yang sanggup memotong daging.Maklumlah anjing ini salah satu jenis keluarga Serigala, Sanis kelompok binatang buas bergigi tajam.

Anjing yang msuk dalam tim khusus ini bukan anjing sembarangan. German Sheperd, yang berfungsi melindungi petugas menyerang musuh dan mengendus keberadaan manusia serta obat-obat terlarang. Belgian Malinose berfungsi sebagai anjing penyerang yang handal dalam menjaga keamanan petugas.

Secara umum tugas khusus anjing pelacak ini adalah: melacak tersangka, mencari orang tersesat, mengendalikan massa dari kerusuhan dan mendeteksi obat-obat atau bahan peledak yang tersembunyi.

Anjing yang ditempatkan pada subdit Handak bertugas mendeteksi bahan peledak, subdit Krim Umu bertugas kuhusus melacak dan menemukan pelaku kriminal, sub dit DALMAS adalah menghalau konsentrasi massa seperti demonstrasi atau kerusuhan bersama anggota sub dit dalmas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3