Mohon tunggu...
Johan AzrulFarid
Johan AzrulFarid Mohon Tunggu... Penulis Lamongan

Ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Hobi

"The Casual Vacancy" Satu Novel J.K Rowling

22 Agustus 2019   23:05 Diperbarui: 22 Agustus 2019   23:08 0 0 0 Mohon Tunggu...
"The Casual Vacancy" Satu Novel J.K Rowling
Sumber: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/61WcqncdttL.jpg

            Jaane Khalthen Rowling atau yang lebih dikenal dengan J.K Rowling sebagai nama penanya. Mungkin tidak akan terdengar asing bagi anda nama penulis besar ini atau seorang novelis terlaris didunia. disini saya akan memperlihatkan pada anda betapa hebatnya sosok J.K Rowling ini, karya-karyanya yang sangat mengguncangkan dunia membuat anda tertarik untuk mengetahui J.K Rowling lebih luas lagi, Nah..!! kini saya akan mengenalkan anda tentang novel tebarunya J.K Rowling yang sangat disayangkan jika anda tidak membacanya, penasaran? The Casual Vacancy inilah yang membuat J.K Rowling eksis kembali di dunia penulisan setelah 7 seri Harry Potternya yang melesat dia selesaikan.

           The Casual Vacancy menceritakan tantang kekacauan politik dan moral di Pagford yaitu tentang Pagford yang merupakan kota kecil yang indah, bersih penuh dengan moralitas yang tinggi, kota dengan masyarakat berpendidikan, bebas dari pecandu narkoba, tidak adanya anak-anak berandalan, sebuah kota yang tenang dengan alun-alun pasar berbatunya dan sebuah biara kuno yang indah.

            Namun sebenarnya banyak rahasia yang tersembunyi didalam kota tersebut, kesenjangan antara orang kaya dengan orang miskin anak-anak remaja yang tidak akur dengan orang tuanya, istri bertengkar dengan suaminya, gurupun juga ikut terlibat perseteruan dengan muridnya. Pagford ternyata bukanlah kota yang tenang seperti kelihatanya, dibalik wajah nan indah tersembunyi perang perang yang berkecamuk.

            Barry yang semasa hidupnya mati-matian membela penduduk miskin yang ada dikawasan Fields kehilangan pembela dan terancam terabaikan oleh para anggota dewan lain yang tidak peduli, kematian Barry juga menjadi katalisator dikota itu sehingga Pagford tidak seindah dulu dan kursi kosong yang ditinggalkan Barry dijajaran dewan kota menjadi pemicu perang terdahsyat yang perna terjadi di kota kecil itu.

            Hingga kemudian kota itu diguncangkan oleh hantu Barry Fairbrother yang menghapus rahasia anggota dewan di Internet.yang tak mengetahui siapa yang beperan dibalik hantu Barry ini, kemunculan hantu Barry ini memunculkan adanya kematian ganda disinilah awal perebutan jabatan dewan dan siapa yang akan mengisi kursi kosong itu.

            Apakah mereka akan memilih tetap local dewan perumahan “The Fields” bagian dari Pagford atau malah bergabung dengan kota Yarvil ini adalah busur utama pertama novel ini.ketika tanggal pemilu diumumkan anak-anak calon ada Simon Price, Howard Mollison, Milles, Colin Wall. Tiba saatnya pemilihan suara, pengganti kursi Barry Fairbrother. Akhirnya,suara dimenangkan oleh Mille.mungkin jika diceritakan tidak hanya menghabiskan kertas saja namun waktu anda juga akan lewat.

            Saya hanya bisa menceritaka sedikit tentang “The Casual Vacancy”. Novel ini sengaja ditulis J.K Rowling untuk versi dewasa So That way isunya cenderung berat, gelap dan serius karena novel ini sengaja ditulis untuk dewasa berbeda dengan Harry Potter, novel itu masih banyak yang menceritakan tentang lelucon atau Experiment yang menarik.

            Namun The Casual Vacancy ini memiliki kelebihan dari novel Harry Potter, Kelebihan dari novel ini adalah penempatan karakter untuk setiap tokoh yang begitu banyak namun memiliki karakter yang berbeda-beda dan realistis dalam kehidupan nyata.Selain itu,novel ini tidak hanya membicarakan perseteruan politik saja,namun dengan detail J.K Rowling juga memberikan cerita mengenai kehidupan anak remaja yang begitu nyata terhadap kehidupan modernisasi saat ini. Sehingga pembaca tidak akan merasa bosan dengan adanya cerita mengenai anak remaja, menulis novel The Casual Vacancy ini J.K Rowling mampu menangkap sisi kemanusiaan pada setiap orang, bahkan saat sisi kemanusiaan itu terasa menyedihkan.

            Aku menyukai novel The Casual Vacancy ini karena lebih banyak permasalahan, ada sedikit komedi namun dari jenis yang paling hitam.meskipun karyanya bersifat komedi namun masih tersimpan unsure-unsur kekejaman yang menceritakan tentang pedihnya masyarakat yang sesungguhnya. J.K Rowling mungkin tidak mau anda menganggapnya sebagai penulis yang kebetulan, dia membuktikan kepiawaiannya dengan cara bagaimana membuat anda ingin terus membaca hingga halaman terakhir.

           J.K Rowling mampu menyeret pembaca kedalam dunia yang kaya dengan imaginasinya yang cerdas dan kalanya lucu, dia mampu membuat plot yang tidak biasa artinya J.K Rowling mampu membuat alur yang sekiranya dapat membuat anda terun penasaran hingga akhir ceritanya, namun tetap menghanyutkan, novel ini memperlihatka bahwa politik adalah keputusan yang berpihak pada rakyat, novel ini mampu menangkap masalah politik menjadi sebuah kisah novel yang sangat tragis, menyentuh sekaligus lucu.

            Dahsyatnya novel ini sangat canggih J.K Rowling memahami peran internet didunia modern ini, dengan otak yang jeniusnya dia memanfaatkan internet untuk membuat novelnya penuh misteri dan kejutan dizaman “Mbah Google” ini, yang sangat menantang bagi para pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN