Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bahasa Apa yang Digunakan dalam Sains?

11 Agustus 2021   22:45 Diperbarui: 11 Agustus 2021   22:58 192 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa Apa yang Digunakan dalam Sains?
Tabung sinar katoda, alat yang digunakan Thomson untuk menemukan elektron./Foto: Laniakea-rubikon

Bahasa sains adalah topik yang sangat menarik dan sangat rumit yang menarik perhatian banyak ilmuwan: filsuf, filolog, fisikawan, kimiawan, ahli biologi, dan banyak lagi.

Kajian tentang bahasa sains sangat penting karena sejumlah alasan, namun yang paling penting adalah, karena bahasa sains sangat rumit dan karena setiap cabang sains memiliki terminologinya sendiri.

Dulu, para ilmuwan sering berbicara tentang hal yang sama, namun masing-masing dengan caranya sendiri, dan akibatnya mereka tidak bisa saling memahami satu sama lain, dan ini menghambat kemajuan ilmiah.

Situasi seperti ini bertahan sampai beberapa lama, namun selama beberapa dekade terakhir, ketika banyak penemuan yang sangat penting dibuat pada perbatasan bidang-bidang pengetahuan yang tidak saling terkait, maka masalah terminologi dari bahasa sains telah menjadi hal yang paling penting.

Itulah sebabnya komite-komite khusus telah ditunjuk oleh akademi-akademi ilmu pengetahuan dan asosiasi-asosiasi saintifik dari berbagai negara dengan tujuan untuk menyusun sistem terminologi yang efisien, dan yang sangat penting, yang mencakup banyak cabang pengetahuan.

Kata-kata baru tidak dapat dikoin* begitu saja dengan cara lama, sesuka hati, namun apa yang harus dilakukan para ilmuwan yang selalu menemukan hal-hal baru dan hal-hal baru ini harus diberi nama, dan kata-kata baru harus dipikirkan?

*Definisi koin lihat artikel saya: Pojok Koin Johan Japardi, Bagian 1 (Bilingual).

Adalah hal yang sangat rumit untuk menemukan sebuah kata baru, dan sebenarnya, sangat sedikit kata yang benar-benar asli yang pernah disarankan oleh para ilmuwan.

Mereka hampir selalu melakukan sebaliknya, dengan mencoba mencari dari kata-kata yang sudah ada, yang kurang lebih memiliki makna yang dekat dengan apa yang mereka butuhkan dan menggunakannya untuk menunjukkan fenomena yang baru mereka temukan.

Ada beberapa cara untuk memilih kata seperti itu, tetapi hanya 2 cara yang paling banyak digunakan.

Yang pertama adalah menggunakan kata dari bahasa usang, paling sering Yunani atau Latin kuno, atau mengambil kata dari bahasa ibu si penemu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan