Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Fisika untuk Hiburan 12 (Gerak): Seberapa Cepat Kita Bergerak?

27 Juli 2021   20:10 Diperbarui: 27 Juli 2021   20:39 78 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 12 (Gerak): Seberapa Cepat Kita Bergerak?
Terbang dengan kecepatan 5 Mach (6.125,22 km/jam) bukanlah masalah. Sumber: bbc.com

Pertanyaan pada judul artikel ini merupakan pertanyaan umat manusia sejak zaman dulu, terutama dalam kaitannya dengan penelitian tentang kecepatan kendaraan di darat, laut, udara, maupun ruang angkasa, yang terus ditingkatkan untuk mempersingkat waktu perjalanan.

Jika artikel-artikel saya sebelumnya menggunakan bahan dari jilid 2 buku Physics for Entertainment, maka bahan artikel ini adalah dari jilid pertamanya. Data termutakhir saya sisipkan sedikit dari sumber daring, sedangkan data lama sesuai dengan keadaan pada saat buku tersebut diterbitkan dan hanya untuk tujuan komparasi.

Bahkan mobil-mobil berenergi hijau pun melaju ke sirkuit balap dengan cepat, tetapi umat manusia harus jauh lebih cepat untuk menjelajahi Semesta. Sumber: bbc.com
Bahkan mobil-mobil berenergi hijau pun melaju ke sirkuit balap dengan cepat, tetapi umat manusia harus jauh lebih cepat untuk menjelajahi Semesta. Sumber: bbc.com

Manusia selalu terobsesi dengan kecepatan. Pada 2015, misalnya, diberitakan bahwa mahasiswa di Jerman telah memecahkan rekor mobil listrik dengan percepatan tercepat, dan bahwa Angkatan Udara AS berencana untuk mengembangkan jet hipersonik yang akan melakukan perjalanan lebih dari 5 kali kecepatan suara atau lebih dari 6.100 km/jam.

Jet itu tidak akan membawa awak, tetapi bukan karena manusia tidak bisa melakukan perjalanan dengan kecepatan setinggi itu. Faktanya, manusia telah melakukan perjalanan berkali-kali lebih cepat daripada Mach 5 (6.125,22 km/jam). Akan tetapi, apakah ada batasnya, di mana tubuh yang meluncur tidak bisa lagi menahan tekanan kecepatan?

Rekor kecepatan manusia saat ini dibagi rata oleh trio astronot yang menerbangkan misi Apollo 10 NASA. Dalam perjalanan kembali dari putaran mengelilingi bulan pada 1969, kapsul para astronot itu mencapai puncak kecepatan 39.897 km/jam relatif terhadap planet bumi.

Kata Jim Bray dari perusahaan kedirgantaraan Lockheed Martin,"Saya pikir, 100 tahun yang lalu, kita mungkin tidak akan membayangkan manusia bisa melakukan perjalanan di luar angkasa dengan kecepatan hampir 40.000 kilometer per jam."

Seorang atlet yang baik bisa berlari 1,5 km dalam waktu sekitar 3 menit 50 detik, rekor dunia tahun 1958 adalah 3 menit 36,8 detik.

Biasanya, setiap orang berjalan dengan kecepatan sekitar 1,5 meter per detik. Kecepatan atlet di atas dalam meter per detik (m/s) adalah 7 m/s atau lebih 4 kali lipat kecepatan orang berjalan.

Anda bisa terus berjalan selama berjam-jam dengan kecepatan 5 km/jam, tetapi pelari akan mempertahankan kecepatannya hanya untuk sementara waktu. Pada mars cepat, infanteri bergerak dengan kecepatan hanya sepertiga dari atlet, 2 m/s atau 7 km/jam,  tetapi mereka bisa menempuh jarak yang jauh lebih jauh.

Anda mungkin tertarik untuk membandingkan kecepatan berjalan normal Anda dengan "kecepatan" siput atau kura-kura yang terkenal lambat. Siput beregerak 1,5 mm/s, atau 5,4 m/jam, tepatnya seribu kali lebih rendah dari kecepatan Anda. Hewan lambat lainnya, kura-kura, juga tidak terlalu cepat, 70 m/jam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN