Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Nutrasetika di Tengah Pandemi

22 Juli 2021   15:08 Diperbarui: 22 Juli 2021   15:58 114 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Nutrasetika di Tengah Pandemi
Nutrasetika. Sumber: https://images.financialexpress.com/2018/09/1-34.jpg

Nutrasetika adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebutkkan setiap produk yang berasal dari sumber makanan dengan manfaat kesehatan tambahan selain nilai gizi dasar yang ditemukan dalam makanan.

Produk Nutrasetika bisa dianggap sebagai terapi biologis non-spesifik yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan umum, mengendalikan gejala, dan mencegah proses keganasan.

Istilah "Nutrasetika" menggabungkan 2 kata dari "Nutrisi," yang merupakan komponen makanan bergizi, dan "Farmasetika," obat medis.

Nama Nutrasetika diciptakan pada 1989 oleh Stephen DeFelice, pendiri dan ketua Yayasan untuk Inovasi dalam Kedokteran (Foundation for Innovation in Medicine), yang merupakan organisasi yang berlokasi di Cranford, New Jersey, Amerika Serikat.

Sup Ayam Herbal Cina. Sumber: https://www.seriouseats.com/silkie-chicken-soup 
Sup Ayam Herbal Cina. Sumber: https://www.seriouseats.com/silkie-chicken-soup 

Makanan, atau Obat, atau Dua-duanya?
Jika Anda berjalan menyusuri Jalan Henan di Shanghai dan melewati toko-toko yang menjual obat-obatan China, Anda mungkin akan sulit memutuskan apakah mereka menjual lebih banyak obat daripada makanan atau lebih banyak makanan daripada obat.

Di sana Anda akan menemukan kulit kayu manis dipajang berdampingan dengan ham, urat harimau dan ginjal berang-berang bersama dengan siput laut, dan tanduk rusa muda bersama dengan jamur dan kurma Beijing.

Semuanya baik untuk tubuh dan semuanya adalah makanan bernutrisi. Perbedaan antara makanan dan obat-obatan secara positif tidak mungkin Anda temukan dalam sebotol "anggur urat harimau dan buah quince."

Bedanya, tonik China, misalnya, tidak mengandung 3 gram hipofosfat, tapi merupakan sebuah resep yang terdiri dari semangkuk sup ayam berkulit hitam, yang dimasak dengan Rehmannia lutea. Ini sepenuhnya merupakan kebiasaaan dalam praktik pengobatan China yang sudah berlangsung ribuan tahun.

Sebelum pabrik farmasi dikembangkan di China dan bahkan sampai sekarang pun, obat-obatan tertentu tidak diminum dalam bentuk pil atau tablet, tapi disajikan sebagai rebusan yang secara harfiah disebut "sup."

Pengobatan China disusun dan disiapkan dengan cara yang sama seperti sup biasa, dengan memperhatikan pencampuran rasa dan bahan yang tepat. Tiap rebusan bisa mengandung 7 atau 8 hingga dua 20 bahan, yang dirancang untuk menyehatkan dan memperkuat tubuh secara keseluruhan, selain melawan penyakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x