Mohon tunggu...
Joana Selviana
Joana Selviana Mohon Tunggu... mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Ideologi dalam Partai Politik

20 April 2021   15:32 Diperbarui: 20 April 2021   15:36 70 1 0 Mohon Tunggu...

Membahas tentang keterkaitan dari sebuah peran dan hadirnya ideologi dalam sistematika politik membuat kita sangat perlu untuk dapat memahami mengenai makna dari ideologi itu sendiri. gagasan awal yang berkaitan dengan ideologi brasal dari sebuah bahasa latin yang pada mulanya nerawal dari kata ideo yang memiliki arti pemikiran dan juga logis yang memiliki arti logika, hubungannya pula dengan ilmu dan juga pengetahuan yang berlaku di kalangan masyarakat. Menurut (Ali Syariati, 2007:238) dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu yang memiliki keyakinan dan cita-cita didalamnya. 

Pengertian lain disampaikan oleh (Lane, 2011:97) yang menjelaskan bahwa ideologi memiliki kaitan dan hubungan yang cukup erat terhadap politik. Hal tersebut berkaita dengan membahas tentang pemimpin dan yang akan dipimpin, selanjutnya juga pembahasan tentang prinsip-prinsip kepemimpinan yang memang digunakan. Ideologi politik selalu berkaitan dengan kondisi kepemimpinan. Tentang Langkah memimpin yang baik dan benar, tentang sesuatu yang memang diperlukan dalam memimpin dan tentang kondisi rakyat dan negara yang dimpimpin.

Di era politik kontemporer saat ini ideologi politik sangat erat kaitannya dengan sebuah argumen dan juga banyaknya perlawanan-perlawanan yang terjadi untuk dapat saling menguatkan gagasan ideologi masing-masing. Mengingat ideologi merupakan sesuatu yang mempengaruhi banyak sekali aspek kehidupan manusia, sehingga kebebasan berpolitik pun memiliki andil tentang aspek-aspek yang diperlukan manusia dalam kehidupannya. Siapa yang memimpin akan menentukan kehidupan masyarakat. Bagaimana caranya memipin pun sangat berpengaruh tentang kehidupan dan juga kesejahteraan masyarakat yang dipimpin. Politik kontempore melihat ideologi politik sebagai sesuatu yang memberikan kebebasan masyarakat untuk dapat mengejar sebebas-bebasnya hak politik yang harus dipenuhi.

Dalam sebuah ideologi politik terdapat berbagai macam ide dan juga gagasan yang berhubungan dengan masyarakat yang hidup dan diatur oleh berbagai macam norma yang diyakini. Ideologi politik harus selalu dekat dan erat kaitannya dengan bagaimana memenuhi kebijakan, membahas 

dan menjalankan suatu norma dan nilai yang berlaku bagi masyarakat. Dan juga ideologi politik pun membahas tentang suatu kepentingan yang beralasan untuk dapat diperjuangkan.

Namun secara garis besar ideologi pun membahas banyak hal tentang sebuah tatanan masyarakat yang berkaitan dengan berbagai macam hal seperti berjalannya ekonomi, politik sosial dan juga budaya untuk dapat mencapai suatu cita-cita yang diharapkan. Bahkan ideologi menjadi suatu fondasi atau landasan yang digunakan untuk dapat bertindak atau bahkan berkehidupan saat ini. Ideologi memiliki peranan yang sangat penting dalam banyak sisi.

Ideologi politik pun memiliki peran yang sangat penting dalam proses berjalannya perpolitikan di Indonesia, salah satunya penunjang suara demokrasi dengan adanya suatu partai politik. Partai politik tentunya dalam kehidupan yang sangat kental dengan demokrasi seperti di Indonesia, suatu partai politik tentunya wajib untuk dapat memiliki sebuah instruken wajib untuk dapat menjalankan suatu sistem, bentuk dan juga peranan penting dari demokrasi itu sendiri. (Ramlan Subakti, 1992).Dalam hal ini tentunya dengan adanya suatu partai politik yang berada di tengah masyarakat maka hal tersebut akan melengkapi peran dari negara sendiri. sebabb partai politik dapat menjadi suatu penyeimban dan juga penentuan kuasa atau suara untuk penguasa. Partai politik dapat digunakan sebagai pengatur dari kekuasaan agar tidak bertindak secara berlebihan dan justru menciderai makna dari demokrasi itu sendiri. (Miriam Budiarjo:404). 

Ketika memang kita ingin memaknai dan memahami secara lebih lanjut mengenai suatu partai politik maka diperlukan kondisi yang terorganisir dengan stabil dan penuh dengan tujuan yang baik untuk dapat mendapatkan, mempertahankan atau bahkan meributkan kursi politik itu sendiri. karena terkadang segalah hal yang berkaitan dan berhubungan dengan politik selalu menjadi suatu permasalahan yang cukup sensitive. Karena berdasarkan ideologi politik yang diberlakukan maka kita akan mengetahui bahwa seharusnya parati politik dalam pemerintah adalah memberikan kemanfaatan yang didalamnya bersifat idiil dan juga bersifat materiil.

Sesungguhnya ideologi dan juga partai politik sebagaimana nanti yang telah dijelaskan bahwa sebenarnya idelogi merupakan hal wajib bagi suatu partai politik. Tentunya dengan adanya suatu ideologi yang berlaku dalam politik tersebut maka kita akan mengetahui tentang arah ari partai politik dan juga dapat menjalankan fungsinya sebagai payung demokrasi dan juga penampung dari suara rakyat itu sendiri.

Tentunya dengan adanya suatu ideologi partai politik yang berlaku di masyarakat maka program kebijakan partai itu harus dapat menjadi suatu program yang mendatangkan kebermanfaatan bagi masyarakat. Dalam hal ini partai politik dapat menjadi suatu Langkah solutif untuk dapat menaungi aspirasi dari masyarakat.

Dengan hadirnya suatu ideologi politik maka hal tersebut dapat menjadi suatu hal yang berguna untuk dapat menyikapi persoalan yang berlaku di dalam masyarakat, terlebih setiap perwakilan dari partai politik akan menjadi wakil rakyat yang membahas mengenai pembuatan regulasi. Oleh sebab itu partai politik harus kuat dalam ideologinya terlebih dalam menyuarakan dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk dapat menunjang kepentingan rakyat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN