Mohon tunggu...
Jilan Zalikha Anniswa
Jilan Zalikha Anniswa Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa S1 Gizi

Hobi : Menulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ingin Berat Badan Turun Tanpa Olahraga?

23 Mei 2022   12:09 Diperbarui: 23 Mei 2022   12:12 86 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Memiliki badan yang ideal adalah idaman setiap orang, khususnya pada remaja. Dengan tubuh yang ideal akan membuat penampilan semakin menarik dan badan terlihat sehat. Oleh karena itu, kebanyakan dari remaja zaman sekarang menginginkan postur tubuh yang ideal dengan berbagai cara dari defisit kalori sampai diet ketat dengan disertai olahraga yang ekstrim. Berbicara tentang olahraga, hal tersebut merupakan cara yang paling sering dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena dipercayai dapat membakar lemak dan juga kalori tubuh sehingga lemak tidak mengalami penumpukan dan membuat badan menjadi terlihat gemuk.

Tetapi tidak sampai situ saja, olahraga mampu membuat tubuh tetap bugar dan sehat, dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Namun di zaman sekarang ini, tidak sedikit orang yang mempunyai kesibukan yang beragam dan rutinitas yang ketat sehingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Tapi jangan berputus asa dahulu, disini saya akan memberikan tips bagi anda yang mempunya rutinitas yang ketat namun tetap dapat menurunkan atau menjaga berat badan anda.

Mau tahu kan? Berikut beberapa tips diet tanpa olahraga

  • Cobalah mengubah pola makan anda : dengan mengubah pola makan, maka akan dapat mengurangi jumlah lemak yang tersimpan dan menumpuk. Caranya yaitu dengan mengurangi porsi makan anda dari porsi biasanya dengan melihat zat gizi yang terdapat pada piring makan anda. Hal ini dapat mempercepat proses pembakaran kalori dan juga lemak di dalam tubuh.
  • Beristirahat dan tidur yang cukup serta hindari stress : saat anda kurang istirahat atau kurang tidur dan sering begadang, maka hormone yang memicu rasa lapar akan terganggu yaitu hormon leptin dan grelin. Akibatnya nafsu makan anda meningkat dan sedangkan pada stress, hormone kortisol yang merupakan hormone yang dapat merusak organ-organ tubuh dan mengganggu sistem kerja tubuh. Orang yang mengalami stress akan cenderung melampiaskan kemarahan dan kekesalannya pada makanan, sehingga ia tidak sadar mengonsumsi makanan yang berlebihann
  • Perbanyak minum air putih : dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa rutin mengonsumsi air putih dapat membuang racun dan lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Mencukupi kebutuhan air putih juga dapat memperlancar pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Meminum lair putih sebelum makan juga dapat mengurasi rasa lapar menjadi kenyang dan dapat menghindari dehidrasi, karena dehidrasi juga dapat memicu timbulnya rasa lapar.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis : mengonsumsi minuman dan makanan manis juga dapat membuat program diet kita gagal. Kandungan glukosa dan kalori yang terdapat pada makanan tersebut cenderung lebih tinggi dan nantinya akan memberikan efek peningkatan berat badan dan juga kadar gula dalam darah.
  • Hindari junk food dan usahakan konsumsi makanan yang berserat : junk food merupakan makanan yang rendah serat dan tinggin kandungan kalori dan lemaknya. Oleh karena itu, makanan ini dapat meningkatkan berat badan dengan cepat dan tentunya tidak baik untuk Kesehatan. Makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan yang mampu membuat anda merasakan kenyang lebih lama. Makanan yang ¬†berserat juga dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak sehingga makanan yang kaya akan serat baik untuk diet alami. Sekian tips diet tanpa olahraga dari saya, selamat mencoba dan semoga berhasil!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan