Mohon tunggu...
jenny liu
jenny liu Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer/Freelancer

Saya adalah content writer yang berupaya menulis berbagai konten menarik untuk disimak.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Cara Mudah Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

31 Januari 2023   08:00 Diperbarui: 31 Januari 2023   08:06 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dituntut untuk mampu bekerja seefisien mungkin agar dapat mengoptimalkan penggunaan waktu yang kita miliki dengan baik, walaupun pada kenyataannya bekerja dengan efisien itu tidak semudah mengucapkannya, karena kita ditantang untuk membentuk sebuah kebiasaan baru dan terus meningkatkan produktivitas kita dengan memanfaatkan waktu seminim mungkin.

Seringkali kita merasa sudah sibuk seharian mengerjakan berbagai tugas namun ternyata dipenghujung hari tidak ada satupun kerjaan yang berhasil diselesaikan. Alhasil, kita pun merasa stress dan burnout karena dikejar-kejar deadline dan kerjaan yang semakin menumpuk.

Oleh sebab itu, untuk mencegah hal yang saya sebutkan di atas terjadi maka saya ingin membagikan 5 cara meningkatkan produktivitas dalam bekerja yang sudah saya rangkum.

1.  Menyiapkan Area Pekerjaan (Meja Kerja) dengan baik

Meja kerja yang tertata rapi tentu dapat memudahkan anda menyiapkan keperluan kerja dihari itu dan tentu saja membuat anda merasa nyaman. Alhasil anda pun tidak perlu terlalu banyak membuang-buang waktu dan dapat lebih fokus dalam bekerja. Sebaliknya, jika meja anda berantakan tentunya akan memecah fokus dan menyulitkan anda dalam mencari keperluan kerja, alhasil menghambat produktivitas kerja anda.

Cobalah untuk tidak meletakkan terlalu banyak barang di meja kerja, terutama yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

2.  Membuat list data pekerjaan (To do List)

Membuat list data pekerjaan adalah cara yang bagus untuk mengorganisir pekerjaan yang akan kita kerjakan dihari itu. Namun, pastikan list data pekerjaan yang dibuat jangan terlalu panjang karena akan membuat anda merasa kewalahan, bahkan sebelum memulainya.

Cobalah dengan mengurutkan pekerjaan itu berdasarkan skala prioritas yaitu kerjaan mana saja yang harus segera diselesaikan dalam waktu dekat dan kerjaan mana saja yang masih bisa dikerjakan dalam jangka panjang.

3.  Mengonsumsi Kopi

Siapkan secangkir kopi favorit anda dan hidangkanlah di atas meja kerja untuk menemani anda menyelesaikan pekerjaan. Karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi akan membantu anda untuk fokus dan berkonsentrasi. Otomatis produktivitas kerja pun meningkat. Jadikanlah itu sebagai ritual harian anda sebelum mulai bekerja.

Bagi anda yang tidak suka kopi dapat juga diganti dengan mengonsumsi teh karena keduanya sama-sama mengandung kafein.

4.  Mendengarkan Musik Favorit

Mendengarkan musik favorit dapat meningkatkan suasana hati anda ataupun memperbaiki suasana hati dengan cepat sehingga dapat menstimulus proses berpikir anda menjadi lebih kreatif dalam meningkatkan kualitas kerja dan produktivitas kerja.

Cobalah dengan menyetel musik instrumental yang dapat membantu anda mempertahankan konsentrasi dan tetap fokus.

5.  Melakukan Power Nap (Tidur Siang)

Manfaatkan waktu istirahat anda untuk tidur siang selama 20–30 menit karena terbukti mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi anda dalam bekerja.

Jangan lupa terapkan juga pola hidup sehat  seperti tidur yang cukup, olahraga secara rutin, dan konsumsi makanan sehat.

Selain kelima hal di atas, konsistensi juga merupakan kunci penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Bentuklah kebiasaan untuk konsisten menyelesaikan pekerjaan anda sesuai dengan deadline dan hindarilah sikap suka menunda-nunda pekerjaan, karena sesuatu yang sudah kita tunda biasanya pada akhirnya tidak akan kita kerjakan lagi.

Contoh sederhana, ketika anda tinggal disebuah rumah yang berantakan dan anda terus menunda-nunda pekerjaan untuk membereskan rumah itu maka seiring berjalannya waktu anda akan mulai merasa terbiasa tinggal dirumah yang berantakan. Alhasil anda tidak lagi merasa perlu membereskan rumah dan menjadi terbiasa tinggal dirumah yang berantakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun