Mohon tunggu...
Jeffri Setiawan
Jeffri Setiawan Mohon Tunggu... Guru | Blogger

Guru komputer yang senang ngeblog

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

JNE dengan Teknologi Digitalisasinya Mendorong UMKM Tembus Pasar Internasional

2 November 2019   15:18 Diperbarui: 2 November 2019   15:40 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
JNE dengan Teknologi Digitalisasinya Mendorong UMKM Tembus Pasar Internasional
Kompasianer Cirebon Indramayu (Dok. Kompasiana)

Cirebon 30 Oktober 2019, Perkembangan teknologi informasi, khususnya digitalisasi sekarang ini semakin pesat. Perkembangan tersebut ditandai dengan semakin meningkatnya penggunaan internet pada masyarakat Indonesia, yang sebelumnya masyarakat kebanyakan menggunakan internet dengan PC (Personal Computer) dan Mobile Computer (Notebook, Laptop, dan Netbook), kini telah beralih kebanyakan  masyarakat menggunakan Smartphone untuk mengakses internet tersebut.

Dalam Era Digitalisasi seperti sekarang ini, maka kehadiran UMKM sangatlah tepat ditengah semakin pesatnya kemajuan teknologi dalam menghadapi persaingan pasar global, khususnya pada revolusi industri 4.0. sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan dan peningkatan UMKM, maka perusahaan jasa pengiriman barang, yaitu PT. JNE(Jalur Nugraha Ekakurir) bekerjasama dengan Kompasiana mengadakan suatu acara JNE Kopiwriting bersama Blogger dan Media Massa. Acara tersebut dilaksanakan di kota Cirebon, merupakan suatu Kota yang dijadikan destinasi wisata dan kulinernya.

Penyelenggaraan acara JNE Kopiwriting ini di Kota Cirebon, merupakan penyelenggaraan yang keenam atau yang terakhir kalinya di tahun ini, setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Bandung, Padang, Banjarmasin, Malang, serta Yogyakarta. Acara JNE Kopiwriting ini dilaksanakan pada salah satu Caf  di Kota Cirebon, yaitu tepatnya di Olive Bistro, di Jalan Siliwangi No. 80, Kejaksaan Kota Cirebon pada hari Rabu (30/10/2019). Acara JNE Kopiwriting Cirebon, menggunakan  tema "Digitalisasi Dorong UMKM Lokal Tembus Pasar Internasional", Tema tersebut dipilih karena Cirebon terletak di lokasi yang strategis dan ditunjang juga oleh akses Tol Cipali serta Bandara Kertajati. Hal tersebut menjadikan banyak peluang bagi para pelaku UMKM.  

Pada kesempatan kali ini, acara JNE Kopiwriting Cirebon dihadiri langsung oleh Ibu Murah Lestari sebagai Regional Head JNE Jawa Barat, serta turut hadir pula dari pihak pemerintah, yaitu Ibu drh. Hj. Maharani Dewi Kepala Dinas Koperasi & UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPKUKM) Kota Cirebon, dalam hal ini diwakilkan kepada Bapak Drs. Saefudin Jufri, selaku KABID Dinas Koperasi & UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPKUKM) Kota Cirebon. Selain itu juga dihadiri dari pihak dunia usaha, yaitu Ibu Sally Giovanny, Pemilik Batik Trusmi. Dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak. Coki sebagai Direktur Pemasaran Batik Trusmi. Terakhir yang turut hadir pula, yaitu Bapak Syahrilruddin, sebagai Pimpinan Cabang JNE Cirebon, dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak Firman Ramadhan.

Acara JNE Kopiwriting Cirebon diawali dengan pembukaan pidato sambutan dari Ibu Murah Lestari, sebagai Regional Head JNE Jawa Barat yang menjelaskan bahwa :

Bu Murni (Dok. Didno)
Bu Murni (Dok. Didno)
"Seperti yang kita ketahui pertumbuhan ekonomi Indonesia didukung oleh berkembangnya UMKM di negara ini, Perkembangkan ekonomi digital juga sangat berdampak positif kepada bidang logistik karena permindahan  barang  dari produsen ke konsumen membutuhkan logistik yang efisien sekaligus tepat waktu". 

"Menghantarkan kebahagiaan atau Connecting Happiness adalah semangat yang harus terus dijalankan, bukan hanya dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, tapi juga berbagai program yang memberikan manfaat. Upaya pengembangan bisnis perusahaan dengan berfokus pada peningkatan kualitas dalam aspek teknologi dan infrastruktur dengan ditopang oleh pengembangan kemitraan strategis pun terus kami lakukan seiring dengan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang". 

 "Semoga dengan diadakannya acara ini JNE  pada kesempatan ini dapat menyampaikan pesan tentang pentingnya mendorong ekomoni digital UMKM lokal untuk dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri bahkan bisa menembus pasar Internasionaldengan dukungan sistem logistik yang menyediakan berbagai kemudahan bagi para pelaku industri kreatif dalam mengembangkan usahanya".

Setelah Pidato Sambutan dari Ibu Murah Lestari, maka acara JNE Kopiwriting Cirebon dilanjutkan dengan Talk Show dari narasumber, yaitu Bapak Drs. Saefudin Jufri selaku KABID DPKUKM Kota Cirebon, Bapak Firman selaku perwakilan JNE Kota Cirebon. Dan Bapak Coki selaku perwakilan dari Pemilik Batik Trusmi. Selain Talk Show dengan narasumber, disertai pula tanya jawab dengan Blogger dan Media Massa. Acara Talk Show dan tanya jawab tersebut dipandu oleh Mba Widya Lestari.

Sebagai narasumber yang diberikan kesempatan pertama tersebut, yaitu Bapak Drs.Saefudin Jufri untuk menjelaskan usaha -- usaha Pemerintah Kota Ciebon dalam mendorong dan meningkatkan UMKM di Kota Cirebon Beliau banyak menjelaskan tentang Strategi pengembangan dan peningkatan UMKM Khususnya di Kota Cirebon agar dapat bersaing di pasar isternasional. Menurut Bapak Drs. Saefudin Jufri ada 2 (dua) dasar hukum yang menyatakan tentag UMKM, yaitu  Undang -- Undang No. 20 Tahun 2008, Pasal 1 Ayat 8 dan Undang -- Undang No. 3 Tahun 2014, Pasal 1 Ayat 2 menyatakan tentang Industri.

Undang -- Undang No. 20 Tahun 2008, Pasal 1 Ayat 8, menyatakan tentang UMKM, berbunyi sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x