Mohon tunggu...
James Martua Purba
James Martua Purba Mohon Tunggu... Petani - Digital Cooperative and Financial Enthusiast

Berbagi pengalaman, pengetahuan dan kebaikan untuk kebersamaan. Percaya dengan gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan semua akan baik-baik saja. *Love GOD, Indonesia and Family* purbajamesnw@gmail.com, WA : 081321018197

Selanjutnya

Tutup

Money

Merdeka! OMZET Koperasi Triliunan, Bukan Kaleng-Kaleng !

17 Agustus 2022   21:36 Diperbarui: 28 September 2022   02:54 205 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Created : Sakti.link

Tahun 2021, dengan jumlah anggota koperasi sebanyak 27 juta orang, sama artinya dengan 10 % dari penduduk Indonesia,  anggota koperasi dan menikmati SHU (sisa Hasil Usaha) sebesar Rp 7,1 Trilyun dan dengan volume usaha (omzet) mencapai Rp 182 Trilyun, keberadaan Koperasi bukanlah kaleng-kaleng!

MERDEKA !

Salah satu Proklamator Kemerdekaan sekaligus  bapak Koperasi Bung Hatta, kita kenang setiap kali merayakan kemerdekaan. Warisan (legacy) ajarannya tentang semangat gotong royong dan kekeluargaan dalam koperasi hingga kini masih dan makin relevan untuk ekonomi kerakyatan. Koperasi diyakini mampu mensejahterakan rakyat jika dikelola dengan baik. 

Sustainability (keberlanjutan) koperasi nampaknya dapat lebih panjang jika koperasi terus berbenah, memodernisasi diri sejalan kemajuan. Penerapan teknologi informasi (digital) jika dilakukan secara gotong royong melalui kolaborasi antar koperasi, terutama yang telah melakukan digitalisasi akan memperkuat peran koperasi sebagai penyejahtera rakyat.

TRANSFORMASI BUKAN CUMA DIGITAL

TAHUN 2024 Pemerintah melalui Kemenkop & UKM menargetkan pertumbuhan koperasi modern sebanyak 500 unit koperasi. Salah satu  strategi yang dilakukan oleh Pemerintah diantaranya melalui koperasi berbasis inclusive closed loop yang dikembangkan sebagai koperasi " Model Multi Pihak", melalui  koperasi di sektor riil, pembiayaan, amalgamasi yaitu merger sesama koperasi dan merger dengan unit usaha koperasi, dan upaya digitalisasi. Angka 500 koperasi tersebut tentu kecil sekali dibandingkan jumlah koperasi yang telah memimlik Nomor Induk Koperasi (NIK) sebanyak 127.000 Koperasi. Apa yang sedang dilakukan?

Modernisasi koperasi oleh Pemerintah dilakukan dengan 4 pola transformasi yaitu:

  • Transformasi dari informal ke formal
  • Transformasi konvensional ke digital dan pemanfaatan teknologi
  • Transformasi ke dalam rantai nilai (value chain)
  • Modernisasi manajemen koperasi

Transformasi tersebut tentu sulit berhasil jika tidak direspon baik oleh pegiat/Pengurus dan Anggota koperasi, sebaliknya akan melesat jauh naik berkelas-kelas jika direspon, diantaranya  dengan penerapan teknologi informasi pada operasional koperasi.

Kampanye transformasi digital dari koperasi konvensional  terus didorong oleh Pemerintah dengan melibatkan berbagai pihak, baik antar kementerian maupun dengan pihak swasta penyedia platform digital yang jumlahnya terus bertambah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan