Mohon tunggu...
Grace
Grace Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mengunjungi Pantai D-Day di Normandia

9 Agustus 2018   16:49 Diperbarui: 9 Agustus 2018   16:53 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mengunjungi Pantai D-Day di Normandia
Dokumentasi Pribadi

Halo lagi semua!

Akhirnya saya menginjakkan kaki di Prancis. Kali ini saya tidak akan bercerita mengenai Paris terlebih dahulu, karena saya melakukan perjalanan lain yang lebih tidak mainstream: Normandia. Normandia adalah wilayah di barat laut Prancis dengan lanskap yang luar biasa memukau dengan banyak pantai, tebing, dan kota-kota kecil yang cantik. Area ini dapat dijangkau dengan mudah menggunakan bus atau kereta, atau bisa juga dengan menyewa mobil bila Anda ingin melakukan perjalanan yang lebih fleksibel. Saya memilih untuk menyewa mobil dan melakukan road trip dari Paris, karena menurut perhitungan saya agak lebih ekonomis untuk bisa mengunjungi banyak tempat. Untuk menjangkau Normandia memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Apa saja yang saya kunjungi disana?

Pemberhentian pertama saya adalah Bayeux. Kota ini tidak begitu jauh dari pantai D-Day (yang merupakan tujuan utama saya), jadi saya menepi dulu sebentar di Bayeux sekalian makan siang. Banyak restoran tipikal Prancis disini dengan three course meal atau lainnya. Jangan lupa coba cider asli Normandia yang juga merupakan salah satu kebangaan wilayah ini. Saya dapat beberapa rekomendasi makanan dan restoran disini.

Saya tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di Bayeux, saya kemudian bertolak mengunjungi pantai-pantai D-Day dan pemakaman Amerika Serikat. Menurut artikel yang saya baca, Omaha beach merupakan pantai yang paling populer di area ini. Pointe du Hoc merupakan poin tertinggi di wilayah ini, dan dari titik ini kita bisa melihat seluruh pantai-pantai D-Day. Cantiknya bukan main. Kalau dibayangkan apa yang terjadi disana saat perang dunia, rasanya sangat sulit. Oh iya, kalau Anda berminat, tersedia juga jasa tour guide untuk berkeliling di pantai-pantai D-Day (tentunya dengan cerita yang lebih lengkap). Anda bisa memilih perjalanan satu hari penuh atau setengah hari. Saya tidak punya banyak waktu, jadi saya tidak mengikuti tur ini.

Setelah itu, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi American Cemetery yang berlokasi di Colleville-sur-Mer. Pemakaman ini benar-benar tipikal pemakaman di Amerika Serikat, dengan hamparan rumput hijau dan jajaran salib putih. 

Saya juga membaca tentang Caen Memorial yang menyimpan banyak cerita dan sejarah mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar sana, namun sayangnya saya tidak sempat berkunjung. Anda bisa lihat info lengkap mengenai tempat ini di website bila Anda berencana berkunjung kesana.

Setelah itu saya melanjutkan perjalanan dan berkunjung sebentar di Honfleur dan berjalan-jalan sebentar disana. Tidak lama, karena saya masih punya satu tempat yang wajib saya lihat: Etretat

Etretat adalah tebing yang sangat terkenal dan merupakan salah satu tempat wajib dilihat bila Anda mengunjungi wilayah Normandia. Butuh waktu berkendara kurang dari satu jam dari Honfleur untuk bisa mencapai Etretat. Tapi semua langsung terbayar dengan pemandangan yang saya dapat. Rasanya seperti melihat foto di wallpaper Windows.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Saya menyempatkan diri untuk berkendara melalui Deauville, yang merupakan wilayah yang paling terkenal di Normandia, dan katanya glamor juga. Selintas saya lihat bangunan-bangunan mewah di tepi pantai, hotel-hotel dan kasino yang tersebar di kota. 

Hmm.. tempat yang menarik. Sayangnya waktu saya hampir habis dan saya harus segera kembali ke Paris. Namanya juga mobil sewaan, harus dikembalikan tepat waktu ke menit-menitnya kalo nggak mau kena charge tambahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x