Iyan Sparta
Iyan Sparta Wiraswasta

Spartacom melayani terima komputer bekas, jual komputer bekas, dan barang elektronik bekas lainnya di Jakarta dan seluruh kota yang ada di Indonesia, harga yang akan disesuikan dengan kondisi barang yang tawarkan. Jangan biarkan komputer bekas Anda memenuhi gudang Anda tanpa dapat dimanfaatkan dan bahkan menjadi sumber penyakit yang mengeluarkan biaya perobatan. Komputer bekas Anda juga merupakan barang-barang yang produktif yang dapat menghasilkan uang kepada Anda.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Empat Cara Memanfaatkan Komputer Bekas Menghasilkan Uang

13 November 2017   20:22 Diperbarui: 16 November 2017   14:31 363 1 1

Hampir semua orang di dunia modern ini memiliki komputer dan perangkat elektronik lainnya. Anda mungkin selalu mengganti komputer atau laptop Anda setiap beberapa tahun sekali. Seperti ponsel, tablet dan perangkat game juga yang telah usang, atau Anda pernah mengupgradenya. Apa yang Anda lakukan dengan komputer bekas Anda saat Anda menggantinya dengan yang baru? Jangan membuangnya ke tempat sampah dulu, pertimbangkan salah satu pilihan yang tersedia dibawah ini untuk memanfatkan komputer bekas dan barang-barang elektronik bekas lainnya menjadi uang tunai.

Menyimpan komputer bekas tidak hanya membutuhkan sebuah ruangan khusus untuk tempat penyimpanan komputer bekas atau elektronik bekas namun juga menjadikan barang-barang bekas tersebut menjadi sumber penyakit dikarenakan menjadi bersarangnya seperti nyamuk, kecoa, dan tikus. Alangkah baiknya ruangan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan tersebut dimanfaatkan menjadi ruangan lainnya.

Dimana saya Menemukan Komputer Bekas dan Perangkat Elektronik Lain?

Anda mungkin tidak memiliki puluhan komputer bekas yang Anda simpan di gudang, namun Anda akan bisa mendapatkan uang lebih banyak lagi dengan beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan seperti hubungi semua anggota keluarga, saudara, dan teman-teman Anda dan minta mereka untuk membawa komputer, tablet, ponsel, atau perangkat bekas mereka yang tidak digunakan lagi. Setelah mengumpulkan komputer dan barang-barang elektronik bekas lainnya, Anda bisa menghasilkan uang dengan salah satu dari empat pilihan di bawah ini.

1.  Perbaiki dan jual kembali

Seringkali, komputer yang tidak berfungsi lagi hanya membutuhkan penggantian beberapa komponen yang sangat sederhana dan murah atau mungkin hanya butuh dibersihkan saja. Beberapa tahun yang lalu, ketika komputer pribadi kami mulai menjadi sangat lambat, kami langsung membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Lalu ketika yang baru tersebut mulai lambat, kami mencoba membawanya ke bengkel komputer. Mereka hanya menghabiskan beberapa jam untuk membersihkannya dan itu berjalan dengan normal seperti baru kembali.

Bengkel itu memiliki toko yang penuh dengan komputer bekas yang didapat dari orang-orang yang tidak menggunakannya lagi. Mereka memperbaiki atau membersihkan komputer-komputer itu lalu menjualnya kembali dengan dipajang pada rak-rak toko mereka dengan harga yang murah.

Jika Anda tahu sedikit tentang komputer Anda bisa melakukan hal yang sama. Ini bisa menjadi sumber pendapatan sampingan yang bagus untuk Anda. Lakukan kerjasama dengan teman-teman Anda atau keluarga Anda untuk menggumpulkan komputer bekas lalu Anda bersihkan dan perbaiki atau jika komputer yang Anda dapatkan tidak dapat berfungsi lagi terdapat beberapa suku cadang atau komponen yang masih dapat digunakan,  gabungkan bagian atau komponen dari beberapa komputer bekas yang berbeda tersebut untuk mendapatkan 1 komputer yang dapat berfungsi dengan normal. Setelah itu komputer yang sudah berhasil berjalan normal jual kembali secara online melalui beberapa website yang menyediakan forum jual beli.

2. Jual Bagian Komponen dari Komputer Bekas Secara Terpisah

Banyak juga orang yang menghemat uang mereka dengan memperbaiki komputer bekas mereka sendiri dengan cara mencari beberapa bagian komponen komputer bekas yang bisa mereka beli untuk menggantikan bagian komponen yang rusak pada komputer mereka. Jika Anda dapat mengumpulkan komputer bekas dari berbagai sumber, Anda akan memiliki persediaan komponen komputer yang banyak. Anda kemudian dapat menjualnya dengan mengiklankan bagian-bagian tersebut pada website-website jual beli. Banyak orang yang membutuhkannya mencari pada website tesebut yang mereka gunakan untuk memperbaiki komputer mereka atau membangun komputer yang baru untuk dijual kembali kepada orang lain.

3. Jual Bagian Komputer Yang Sudah Tidak Dapat Digunakan Lagi

Pada komputer terdapat beberapa material yang dapat Anda jual ke pengepul barang-barang bekas seperti aluminium, besi, tembaga, dan plastik. Penjualan ini dilakukan dengan menimbang material-material tersebut dan dengan harga yang bervariasi sesuai dengan material yang dijual dan ukuran dari timbangan tersebut.

4. Jual Beli Komputer Bekas, Laptop atau Produk Elektronik Lainnya Untuk Mendapatkan Uang

 Terdapat beberapa toko atau perusahaan yang mengkhususkan sebagai perusahaan yang menerima komputer bekas, memperbaikinya lalu menjualnya kembali. Mungkin Anda dapat mencari beberapa perusahaan tersebut mealui internet. Ada banyak website menyediakan layanan yang akan memungkinkan Anda untuk menjual komputer bekas, laptop dan perangkat elektronik bekas lainnya dengan harga yang akan mereka sesuai dengan kondisi barang yang Anda miliki. Ini bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk menghasilkan uang dari komputer bekas yang sudah tidak terpakai lagi.