Hiburan Artikel Utama

Cara Mudah Belajar "Stand-up Comedy"

6 Desember 2017   13:16 Diperbarui: 11 Desember 2017   13:07 1934 4 1
Cara Mudah Belajar "Stand-up Comedy"
Ilustrasi (udemy.com)

Untuk menjadi seorang stand up comedian ada langkah mudah yang bisa dilakukan:

1. Belajar dan berlatih public speaking. Kemampuan public speaking yang baik sangat membantu untuk menjadi seorang stand up comedian yang baik. Ini sangat membantu dalam delivery jokes dan memainkan emosi yang berhubungan dengan joke yang dimainkan.

Sebagai studi kasus di Indonesia, kemampuan public speaking sebagian stand up comedian dipelajari secara otodidak. Ada diantara mereka yang sudah terbiasa ngocol dilingkungan pergaulan atau tongkrongan. Sudah terbiasa menceritakan berbagai macam cerita lucu dalam pergaulan. Hingga sudah memiliki modal ngocol untuk menjadi stand up comedian. Bagi yang belum terbiasa bicara didepan umum tentu lebih baik belajar public speaking karena stand up comedy bukan hanya sekedar berbicara di depan umum tapi lebih dari itu bicara dan membuat tertawa penonton.

2. Belajar dan berlatih formula menulis materi stand up comedy. Secara sederhana materi stand up comedy yang seringkali juga disebut joke terdiri dari dua bagian yaitu set up dan punchline. Meskipun set up bukan merupakan bagian yang lucu pada sebuah joke namun set up merupakan bagian yang penting sebagai pengantar kepada punchline. Set up ini singkat dan tidak bertele-tele. Jika set up terlalu panjang maka nanti jadinya bukan stand up comedy melainkan storytelling. Sedangkan punchline merupakan bagian yang lucu dalam sebuah joke

Sebuah artikel menyebutkan perempuan lebih banyak bicara daripada pria (set up)
Mungkin ini sebabnya GPS menggunakan suara perempuan (punchline)

Stand up comedian akan membangun ekspektasi penonton melalui set up. Kemudian ekspektasi ini dibelokan atau dipatahkan melalui punchline. Inilah yang kemudian menimbulkan kelucuan. 

Kemampuan public speaking dan menulis materi stand up comedy merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Jika memiliki kemampuan public speaking namun tidak memiliki kemampuan menulis materi stand up comedy maka akan sulit menjadi seorang stand up comedian. Secara umum stand up comedian menulis sendiri materinya. 

Boleh saja stand up comedian memainkan materi orang lain, tentu saja dengan seijin penulis materi tersebut. Bagi yang memiliki kemampuan public speaking namun tidak memiliki kemampuan menulis joke, profesi yang cocok adalah sebagai pembawa acara atau pembicara. Menjadi pembawa acara dan pembicara tidak dituntut untuk lucu.

Mereka yang memiliki kemampuan menulis materi stand up comedy namun tidak memiliki kemampuan public speaking maka yang terjadi adalah tidak mampu menghantarkan jokedengan baik. Akibatnya grogi dipanggung, bicara belepotan hingga lupa sama materi yang sudah dipersiapkan. Mereka yang memiliki kemampuan menulis joke tapi tidak memiliki kemampuan public speaking, lebih cocok sebagai penulis naskah humor atau menjadi tim kreatif yang membantu memberikan materi-materi kepada stand up comedian.

Jika sudah memiliki dua modal dasar diatas sebaiknya ditambah dengan pengetahun mengenai istilah-istilah yang terdapat dalam stand up comedy. Istilah-istilah ini bisa dipelajari dari berbagai buku stand up comedy dan melalui internet. Selain itu menambah referensi pribadi dengan menonton secara langsung pertunjukan stand up comedy dan menyaksikan rekaman stand up comedy dari stand up comedian yang sudah terkenal.

Selanjutnya mulai memasarkan diri sebagai stand up comedian. Ikut open mic dan audisi. Setelah itu buat strategi karir. Target apa yang diinginkan sebagai seorang stand up comedian. Apakah job manggung yang banyak, program televisi atau main film. Setelah mengetahui target, langkah selanjutnya adalah action untuk mewujudkan target tersebut.


Penulis Pelopor Stand Up Comedy di Indonesia