Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Jenis-jenis Klausa dalam Bahasa Inggris

29 Agustus 2021   10:40 Diperbarui: 29 Agustus 2021   13:24 278 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mungkin bagi yang telah belajar Bahasa Inggris istilah Klausa (Clause) tidak terlalu asing didengar karena fungsinya yang sangat penting dan kerap dipergunakan terutama ketika menulis dan membaca. Namun bagi yang belum paham, mungkin artikel ini bisa sedikit memberikan pencerahan tentang perihal tersebut.

Secara sederhana inti dari sebuah Klausa adalah sebuah struktur kalimat yang terdiri dari Subject (S), Verb (V), Complement (C), Object (O) dan Adverb (A)

Dengan konsep ini pembicara, penulis dan pembaca memahami maksud dari pesan yang dimaksud. Andapun mungkin masih mengingat pelajaran Bahasa Indonesia saat sekolah dulu ada subjek.predikat, objek dan pelengkap dan itu tidak jauh dari konsep itu.  

Contoh pertama dalam Bahasa Indonesia ada kalimat : Pak Tono sedang makan di sebuah restoran karena lokasinya dekat dengan kantornya. Dalam Bahasa Inggris bisa dituliskan  (1)Pak Tono is eating at a restaurant because it is close to his office. 

Kalimat utamanya , disebut dengan main clause dalam Bahasa Inggris adalah Pak Tono is eating at a restaurant, sedangkan kalimat pendukung yang disebut dengan subordinate clause atau sub clause adalah because it is close to his office

Perbedaan keduanya untuk main clausenya (tanpa kata “because”) bisa berdiri sendiri, maka disebut kalimat utama. Sedangkan kalimat subclausenya tidak bisa berdiri sendiri , artinya dia perlu teman untuk melengkapi pengertiannya. Jadi apalah arti dari kalimat “karena dekat dengan kantornya”.

Subordinate clause jenis ini disebut dengan adverbial clause atau klausa yang menjelaskan alasan mengapa Pak Tono makan di restoran tersebut. Keterangan ini yang disebut penjelasan dari kegiatan (makan) yang dilakukan oleh Pak Tono.

Disebut juga dengan fungsi adverbial clause karena adverb itu menerangkan kata kerja sejatinya yaitu “eat” yang ada di contoh kalimat no.1 diatas.  Contoh lain : (2) He was watching TV when someone knocked his room.  (Dia sedang menonton televisi ketika seseorang mengetuk kamarnya)

Dokpri
Dokpri

Sebagai tambahan banyak kata sambung sesuai dengan fungsinya ditambahkan pada adverbial clause selain because atau when, seperti if, unless, since, as, besides dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan