Mohon tunggu...
Ivandhana
Ivandhana Mohon Tunggu... -

Personal Productivity Coach | Trainer | Licensed NLP Practitioner | Certified Professional Coach | Founder of Inspiring Youth Educators | www.ivandhana.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Produktivitas dan Inovasi

14 Mei 2018   18:27 Diperbarui: 14 Mei 2018   18:29 454
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam keseharian, selain mengkonsumsi air putih, saya memiliki kegemaran mengkonsumsi susu. Bagi saya minuman yang satu ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Maka, sejak tahun lalu, ada satu produk yang menjadi favorit saya, Produk ini adalah Susu Indomilk dengan varian rasa pisang.

Konon katanya, sebelum ada di Indonesia, susu rasa pisang ini sudah pernah dikeluarkan oleh produsen susu instant asal Indonesia beberapa tahun sebelumnya, namun entah kenapa produk tersebut kemudian menghilang. Nah sebelum populer di Indonesia sendiri, susu rasa pisang ini kabarnya juga sudah terlebih dahulu terkenal dan hits di korea.

Kegemaran saya pada produk inilah yang akhirnya membuat diri saya tak pernah lupa membeli produk satu ini didalam keseharian. Dan tampaknya bukan hanya saya yang menggemari minuman ini, melainkan ada banyak orang lainnya.

Hal ini dibuktikan dengan persediaan produk ini di sebuah toko minimarket yang awalnya hanya sedikit sehingga saya sering kehabisan. Namun kini saya lihat makin banyak tersedia di minimarket terdekat di sekitar saya. Artinya respon pasar terhadap produk ini sangat baik. Setidaknya ini dari penelusuran saya pribadi.

Indomilk sebagai produsen produk ini tampaknya menyadari hal tersebut hingga akhirnya meningkatkan kapasitas produksinya yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan. Maka produk ini pun menjamur dimana-mana. Hampir setiap minimarket yang ada kemudian membanjiri stoknya.

Tak berselang berapa lama yaitu di sekitar akhir tahun 2017, saya menemukan satu hal yang unik. Yaitu muncul minuman susu dengan rasa banana yang sama sperti milik indomilk yang diproduksi oleh produsen susu yang mungkin cukup kita kenal, yaitu cimory. Pada bulan November tepatnya cimory akhirnya mengeluarkan 5 varian susu terbaru yang salah satunya adalah varian rasa pisang.

Persaingan dua brand diatas kemudian menyadarkan diri saya bahwa peningkatan produktivitas itu tidak akan maksimal bila kita tidak melakukan inovasi. Didalam menjalankan aktivitas keseharian kita kerap fokus untuk meningkatkan produktivitas diri kita. Kita focus untuk memperoleh nilai lebih, kita focus untuk memperoleh skor yang lebih tinggi dan kita focus untuk menghasilkan lebih banyak lagi produk.

Tanpa kita sadari hal ini bisa jadi membuat kita kemudian lupa bahwa menciptakan sesuatu dengan "banyak" saja tidak cukup. Karena bisa jadi di sekitar kita juga ada pesaing yang siap meningkatkan kapasitasnya sperti kita. Untuk itulah kita harus berinovasi. Inovasi adalah hal yang penting untuk membuat kita tetap berada di posisi terdepan.

Maka, sudah selayaknya kita tidak hanya focus untuk meningkatkan produktivitas kita. Kita tidak bisa hanya sekedar memproduksi sesuatu sebanyak mungkin untuk masyarakat, melainkan kita juga harus senantiasa berinovasi didalam setiap hal yang kita ciptakan didalam keseharian.

Dan kolaborasi antara produksi dan inovasi inilah yang pada akhirnya akan menciptakan pertumbuhan yang stabil didalam diri kita pribadi maupun sebuah perusahaan.

Ivandhana

Personal Productivity Coach

Ingin mendapatkan update harian dari saya? Silahkan kunjungi www.ivandhana.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun